KIA was-was dampak buruk pemilu

KIA was-was dampak buruk pemilu

Setelah sukses dengan pencapaian penjualan tahun 2013 sebesar 12.121 unit, PT KIA Mobil Indonesia (KMI) mengaku bahwa pemilu 2014 akan sedikit banyak berdampak terhadap penjualan otomotif.

KIA Indonesia pun ambil ancang-ancang membidik target tidak terlalu muluk, hanya naik sedikit dari tahun lalu yakni 12.500 unit. Target tersebut telah memperhitungkan dampak ekonomi akibat pemilu 2014. Pasalnya, KIA memprediksi penjualan mobil nasional akan terhambat dengan gelaran pesta demokrasi 4 tahunan ini.

"Tahun 2014 ini merupakan tahun politik dimana pemilu akan berlangsung sebanyak 2 kali, yaitu di bulan April dan bulan Juli 2014. Maka kemungkinan akan memberikan dampak pada perekenomian Indonesia yang mau tidak mau akan berdampak pula pada penjualan mobil," ujar Hartanto Sukmono, Direktur Marketing KMI di sela-sela media gathering di Jakarta, Rabu (29/1).

"Diperkirakan akan terganggu pada semester pertama tahun 2014," tambahnya.

KIA Rio

Namun menurut Hartanto, kondisi penjualan mobil baru akan kembali normal atau meningkat pada semester kedua tahun 2014.

"Dan untuk tahun 2014 ini Kia Mobil Indonesia menetapkan target penjualan sebanyak 12.500 unit. Itu dengan memperhitungkan perkiraan dampak yang saya sebutkan tadi," ujarnya.

Selain pemilu, yang menjadi kekhawatiran adalah gejolak nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Ini bisa berimbas pada nilai jual kendaraan karena produk KIA yang dipasarkan di Indonesia merupakan impor dari Korea. KIA pun mau tidak mau menaikkan harga jual meski hal ini memberatkan konsumen.

"Kalau dolar naik, itu mempengaruhi cost, yang juga naik. Persaingan otomotif di Indonesia sangat ketat, jadi bukan lantas menaikkan harga. Masalahnya apakah konsumen sudah siap dengan harga naik atau tidak," tukasnya.

KIA Sportage

Karena itulah, agar konsumen tidak terlalu kaget, KIA menaikkan harga secara perlahan. Sejak November dan Desember 2013, hingga Januari 2014 KIA sudah menaikkan harga jual yang besarnya antara Rp 1 juta sampai 2 juta. "Kemungkinan nanti masih akan naik lagi, tapi tidak besar," ujarnya.

Pada tahun 2014 ini KMI akan lebih fokus pada penjualan mobil compact seperti Picanto dan Rio serta SUV Sportage. Selain itu KMI akan meningkatkan pelayanan kepada customer dengan perbaikan fasilitas jaringan dan layanan purna jual.

(kpl/nzr/sdi)

© PT Topindo Atlas Asia 2024