Kiat memilih dan merestorasi Holden klasik
Kiat memilih dan merestorasi Holden klasik
Otosia.com -
Siapa yang tak mengenal Holden, mobil yang dijuluki Muscle car asal Australia ini pernah mengisi jalanan di Indonesia pada tahun 60-an sampai 80-an. Terakhir diimpor oleh PT Indauda (Udatimex), beragam model Holden pun masuk mulai dari Special, Kingswood, Premiere, Statesman, Torana, Monaro, Sunbird, Comodore, Aska, Camira, Gemini dan Calais.
Mobil yang berada di bawah naungan GM Holden Ltd ini memiliki bentuk yang khas dan klasik. Berkat kekhasan tersebut, mobil ini berhasil menjadi kegemaran banyak pecinta otomotif hingga sekarang. Bahkan muncul komunitas pecinta mobil Holden, seperti Holden Indonesia.
Holden Indonesia pun berbagai tips untuk memilih dan merekonstruksi mobil klasik tersebut. Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil klasik ini mesin dan sasis. Sama halnya seperti membeli mobil bekas, pastikan mesin dan sasis dalam kondisi baik atau memungkinkan untuk diperbaiki.
"Untuk ruang mesin perhatikan balancer, kruk as, dan camshaft-nya," beber Eggie Hetharia dari Holden Indonesia.
Selanjutnya untuk merekonstruksi Holden, bagian kelistrikan perlu diperhatikan guna menghindari over heat. "Kelistrikan itu penting, karena sering orang mengabaikan hal ini. Padahal kelistrikan yang baik berarti kondisi kendaraan pun terjaga," jelasnya.
Tak hanya itu, platina, radiator, fuel pump, dinamo starter dan dinampe amper haruslah dirapikan, mengingat mobil ini berumur cukup tua. Jika memungkinkan jaga agar kondisi kendaraan dalam keadaan serorisinil mungkin.
Jika memang mau memodifikasi, untuk mempertahankan ciri khas Holden haruslah mengikuti pakem tertentu. "Kalau milih modifikasi pakai velg lebar, jangan main wide body tetapi shorten," tutup Eggie.
(kpl/fid/rd)