Konsumen 'ngantri', produksi Yamaha Byson digandakan

Konsumen 'ngantri', produksi Yamaha Byson digandakan

Yamaha Indonesia akan menggandakan produksi model sport Byson dari 4.000 unit per bulan menjadi 8.000 unit per bulan, untuk memangkas masa tunggu yang kini mencapai dua minggu hingga dua bulan.

"Peningkatan produksi akan dilakukan secepatnya," ujar PR & Corporate Communication Head PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Indra Dwi Sunda, di Jakarta, Senin.

Dia menerangkan, model Byson kini diminati konsumen. Namun, karena produksi terbatas, konsumen terpaksa inden. "Kami ingin mengantisipasi pindahnya konsumen ke merek lain, sehingga produksi Byson harus digenjot," jelas dia.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan Byson pada Juni 2011 mencapai 4.019 unit, sementara penjualan kumulatifnya selama semester pertama mencapai 25.700 unit.

Byson adalah motor sport jenis street fighter. Kompetitornya saat ini adalah Honda Mega Pro yang sama-sama dirilis tahun lalu. Selain Byson, Yamaha menjamah pasar sport nasional lewat model Vixion dan Scorpio. Vixion masih menjadi model sport terlaris Yamaha dengan penjualan 119.600 unit sampai Juni 2011.

Menurut Indra, Yamaha tahun ini belum akan merilis model sport anyar. Namun, merek motor Jepang ini kemungkinan bakal melansir beberapa model facelift.

(antara/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024