Korea otomotif Indonesia go to Malaysia

Korea otomotif Indonesia go to Malaysia

Setelah tahun 2012 lalu Korea Otomotif Indonesia (KOI) sukses mengunjungi negeri Singapura, maka untuk kali ini di tahun 2013 kami memilih Malaysia. Ini merupakan perjalanan untuk yang kedua kalinya bagi KOI ke luar negeri. Sekitar 20 orang member KOI (Jakarta,Tangerang Selatan,Bogor,Banten) turut serta dalam kunjungan ini.

Alasan kunjungan tersebut yakni karena perkembangan kendaraan korea mengalami perkembangan pesat dan respon positif dari para penggunanya di Negeri Jiran tersebut, selain itu para pemegang merk Hyundai dan KIA memiliki korporasi yang sangat besar.

Diawali dengan mengunjungi Hyundai Sime Darby, sebagai pemegang merk Hyundai terbesar di Malaysia. Kendaraan Hyundai yang beredar di Malaysia sangat berbeda dengan di Indonesia, di sana beredar line Up terbaru meliputi: Veloster, New Elantra, Santa Fe Generasi 2 Facelift , All New Elantra, New Tucson Full Spec 4WD dan i10.

Di lokasi Sime Darby kami berkesempatan untuk melihat hampir semua section dimulai dari showroom, service dan lokasi seperti training center ataupun model dummy dari kantor Hyundai. pada lokasi service sudah disiapkan 4-6 Service Advisor yang siap melayani.

di sela-sela melihat fasilitas bengkel dan program-program untuk konsumen, kami juga dipersilahkan untuk test Drive kendaraan Hyundai Veloster. Kemudian bertemu dengan Komunitas Mobil Korea HyperMalaysia yang berkonsentrasi dengan tuning dan engine performa.

Dari komunitas ini, banyak sekali perbedaan dengan komunitas di indonesia, salah satunya komunitas HyperMalaysia ini melakukan engine swap, mesin Hyundai 1.500cc diubah menjadi mesin 2000cc atau bahkan sampai 2.400cc yang digunakan untuk harian.

Setelah makan siang lalu dilakukan sesi tanya jawab mengenai kendala apa saja yang biasa terjadi pada mobil Korea, biaya service, juga termasuk kandungan local apa saja yang digunakan, misalnya penggunaan oli untuk jenis mobil keluaran terbaru boleh menggunakan 4 merk Oli mesin termasuk Oli mesin Petronas milik Negara Malaysia sendiri.

Kunjungan dilanjutkan ke pabrik perakitan Naza dimana All New Rio full Spec, All New Sportage, Forte. Pregio/Travelo dan Peugeot 408 dirakit disini untuk memenuhi kebutuhan kendaraan di Malaysia maupun export ke beberapa Negara lain, namun untuk kendaraan passenger KIA di Indonesia bukan berasal dari perakitan Naza Malaysia.

Pada hari ketiga mengunjungi Dealer terbesar Naza KIA. Dimana kami melihat pelayanan service Naza KIA yang sudah memberikan layanan satu atap untuk konsumen, yakni bengkel mesin dan body repair dalam satu tempat dan terdapat layanan asuransi yang mereka miliki serta penggunaan alat antrian untuk konsumen yang akan melakukan service kendaraannya. Dalam kunjungan kali ini kami diizinkan melakukan test drive All New Sorento dan KIA Optima (K5) serta KIA Forte / Cerato.

Kami juga melakukan acara bebas dengan mencari toko spare part dan accessories kendaraan, agak unik di Malaysia dimana accessories dan parts yang banyak dijual merupakan untuk kendaraan yang ingin melakukan modifikasi tuning performance seperti K&N Filter, Strut Bar, Turbo, Intake, Busi racing, Body Kit, Half Cut engine dan Custom Headlamp / Tail lamp, Shockabsorber Double Ribbon. Sedangkan untuk accessories kendaraan Korea sangat sulit ditemui disini apalagi kalau tidak tahu.

(kpl/prl/rd)

© PT Topindo Atlas Asia 2024