Michelin belum tertarik sponsori tim balap Indonesia

Michelin belum tertarik sponsori tim balap Indonesia

Kendati imej sebagai ban sport premium melekat kuat, Michelin belum berniat terjun mensponsori tim balap roda dua di tanah air. Belum adanya partner balap yang cocok dan kuat menjadi alasan Michelin enggan terjun di dunia motorsport Tanah Air.

“Memang ban Michelin identik dengan sport, tapi buat balap kami belum berani masuk kesana. Kalau kita kurang strong dibandingkan dengan pemain lain, ya percuma juga. Tapi kalau ada mitra yang kuat di balap kami akan coba kesana,” ujar ujar Bayu Surya Pamugar Sugeng, Sales & Marketing Manager Indonesia 2 Wheel Product Line PT Michelin Indonesia (PTMI) di Jakarta.

Menurut Bayu, beberapa jenis ban Michelin yang dipasarkan di Indonesia cocok untuk dipakai balap. Terutama roda dua karena memiliki kualitas untuk mengaspal di lintasan sirkuit di Indonesia. Salah satu kejuaraan yang paling sesuai dengan imej ban Michelin adalah kejurnas atau supersport 600, kejuaraan Asia atau superbike.

“Di balap motor internasional Michelin sudah banyak digunakan pembalap dunia, dan memang identik dengan dunia motorsport. Jadi selain mitra yang kuat, kalau motorsport kami sangat percaya kemampuan dari sisi ban (Michelin),” tandas Bayu.

Pasar ban Michelin sendiri lebih menyasar segmen midlle up, meski pada kenyataannya ban tubeless Michelin lebih banyak diserap pasar bebek dan matik di Indonesia. “Tapi market midlle up terus tumbuh, termasuk juga matik. Kedepannya saya yakin ban premium Michelin akan banyak diterima pasar, karena selain imej kuat, juga karena kualitasnya,” tukasnya.

PTMI mengaku berkomitmen untuk memperkuat dan memperluas jaringan pemasaran ban roda dua (two wheels) di Indonesia. Langkah ini merupakan upaya Michelin untuk memenuhi kebutuhan ban sejalan dengan pertumbuhan kendaraan roda dua yang terus berkembang pesat di Indonesia.

Sejak 1 Oktober lalu, PTMI resmi menjadi distributor utama produk ban roda dua Michelin. Karena itu, Michelin fokus mengembangkan jalur distribusi sebaik mungkin.

Saat ini PTMI sudah memiliki lebih dari 300 outlet yang menjadi partner pemasaran di pulau Jawa. Selain itu PTMI juga mulai merintis jaringan pemasarannya di luar Jawa. Pulau Jawa saat ini menjadi fokus perhatian Michelin mengingat hampir 60 persen pasar roda dua terjual di wilayah ini.

Produk-produk Michelin memiliki tiga aspek utama yang dibutuhkan oleh pengendara yaitu, safety, longevity dan advance technology.

Saat ini, Michelin memiliki beberapa jenis ban yang sesuai dengan karakter kendaraan dan jalan di Indonesia. Jenis ban tersebut di antaranya M29 untuk motor skutik, M45 & M85 untuk bebek, Pilot Sporty untuk bebek sport & Pilot Road 2 untuk Sport radial.

(kpl/nzr/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024