Mobil warna merah, 'Toilet' terfavorit bagi burung

Mobil warna merah, 'Toilet' terfavorit bagi burung

Hal sepele seperti kotoran burung ternyata bisa menimbulkan hal yang serius. Beberapa perusahaan asuransi di Inggris mengatakan bahwa kerusakan cat mobil yang diakibatkan oleh kotoran hewan unggas tersebut bisa menimbulkan kerugian secara total mencapai US$ 89,3 juta atau setara Rp. 841,6 miliar per tahun untuk perbaikan. Luar biasa!

"Riset ini menunjukkan sesuatu yang serius dan dihadapi setiap pemilik yang mengalami kerusakan cat dan menyebabkan nilai jual kendaraan jadi turun," jelas David Howells, ahli pembersih mobil dari Halfords, seperti yang dilansir Autoblog, Kamis (21/6).

Menariknya, penelitian lain yang dilakukan oleh Halfords, perusahaan perawatan mobil di Inggris, untuk menganalisa perilaku burung di beberapa wilayah, menunjukkan bahwa burung paling sering buang air besar di atas mobil berwarna merah.

Menurut survei terhadap 1.140 unit mobil di Brighton, Glasgow, Leeds, Manchester dan Bristol, prosentase mobil yang disukai burung untuk dijadikan 'toilet'-nya adalah mobil berwarna merah (18 persen), disusul warna biru (14 persen), kemudian berturut-turut hitam (11 persen), putih (7 persen), silver (3 persen) dan yang terakhir hijau (1 persen).

burung paling sering buang air besar di atas mobil berwarna merah dengan komposisi 18 persen, disusul peringkat kedua biru (14 persen). Hitam juga digemari,11 persen, putih (7 persen), silver (3 persen) dan hijau paling sedikit, cuma satu persen.

Dalam survei tersebut, setiap pemilik kendaraan juga dimintai keterangan seberapa cepat mereka membersihkan kotoran burung yang menempel di atas mobilnya. Dari seluruh responden, hanya 17 persen atau satu dari enam orang yang langsung membersihkan waktu melihat ada kotoran yang nempel pada mobil kesayangannya.

Sedangkan 20 persen pemilik kendaraan lain akan menunggu beberapa hari dan lebih dari setengahnya (55 persen) memilih periode cuci mobil berikutnya. Sementara sisanya sebanyak 8 persen mengaku membiarkan dan menyerahkan tanggung jawab membersihkannya kepada orang lain.

Walau terlihat sepele, pihak perusahaan asuransi di Inggris menegaskan bahwa kotoran burung bisa menimbulkan kerusakan yang tak diduga oleh para pemilik mobil. "Untuk menghindari kerusakan, kotoran harus dibersihkan secepat mungkin dengan hati-hati dan jangan menunggu," pungkas Howells.

(kpl/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024