Pasar Toyota di AS, jadi acuan Global

Pasar Toyota di AS, jadi acuan Global

Pasar terbesar Toyota di Amerika Serikat, melebihi pasar di Jepang. Situasi yang terjadi di AS, akan mempengaruhi Toyota secara global. Sepanjang Februari ada banyak hal yang membuat petinggi Toyota harus memberi perhatian penuh pada seluruh operasi bisnis. Mulai dari harga bahan bakar yang naik, badai salju yang lumayan parah hingga kondisi keuangan negara yang memprihatinkan.

Kepercayaan konsumen yang kuat terhadap kualitas Toyota membuat penjualan di bulan Februari justru lebih meningkat dari bulan yang sama tahun lalu. Toyota Motor Sales USA mencatat kenaikan penjualan 4.3 persen pada Februari 2013.

Meski total hari efektif untuk menjual mobil hanya 24 hari. Sementara Februari 2012 sebanyak 25 hari. Total penjualan mencapai 149.093 unit. Sementara Lexus yang baru saja mendapat penghargaan tertinggi dari Consumer Reports sebagai produsen mobil paling berkualitas mengalami kenaikan 3.9 persen menjadi 17.339 unit.

"Di tengah kenaikan harga bahan bakar, badai salju yang parah juga soal anggaran pemerintah, Februari menjadi indikasi bagus terhadap kekuatan pasar secara menyeluruh,” kata Bill Fay, group vice presiden dan general manager, Toyota Division.

“Dengan mobil-mobil yang paling irit dikelasnya masing-masing, Toyota berada di posisi yang bagus dan kami mendapat dorongan besar dari penerimaan yang positif terhadap Toyota Avalaon dan RAV4 baru.” Tambah Bill Fay.

Menurutnya respon yang bagus juga diterima Toyota Camry yang tetap menjadi sedan paling populer dan digemari di sana.

(kpl/rd)

© PT Topindo Atlas Asia 2024