Selasa, 12 Februari 2013

Permaisuri sinergikan offline dan online

Siapa pun pasti mengenal Permaisuri, sebuah toko yang awalnya hanya menjual velg dan menerima spooring atau balancing saja. Sekarang meningkat menjadi toko yang menyediakan beraneka ragam velg, bahkan Permaisuri Ban sudah menjadi referensi para modifikator.

Seiring dengan perkembangan toko, Permaisuri pun merambah ke dunia online. Dimulai pada tahun 1996 silam, yang mana pada saat itu website masih tergolong bisnis baru.

"Saat itu, saya sendiri belum mengerti soal website. Kebetulan ada teman yang baru buka usaha tersebut, jadi dibuatnya website Permaisuri," cerita Wibowo Santoso, pemilik Permaisuri.

Sang rekan pun menjelaskan kepada Bowo kegunaan dari website tersebut. Ia tidak menduga, ternyata banyak sekali kegunaan dari website ini, terlebih bagi pelanggan tokonya. "Dengan website ini bisa menjangkau konsumen yang jauh, yang tidak bisa datang langsung ke toko," terang Bowo.

Website Permaisuri

Hadirnya website saat itu, menggantikan kebiasaan orang melihat atau mencari katalog velg. Dan kehadiran website Permaisuri sebagai katalog velg dan ban yang cukup lengkap, sehingga bisa dijadikan panduan bagi konsumennya. Hasilnya, web Permaisuri makin banyak dikunjungi, ini terlihat dari jumlah visitornya yang terus meningkat.

Website Permaisuri

Peningkatan dan pengembangan pun dilanjutkan Permaisuri lewat jalur internet ini. Permaisuri meningkatkan pelayanan Yahoo Messenger (YM), agar pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan Permaisuri.

"Awalnya saya sendiri yang jawab email maupun Yahoo messenger nya, tapi karena semakin banyak dan kesibukan saya, akhirnya saya serahkan ke karyawan yang khusus menangani online," kenang Bowo.

Dengan adanya website Permaisuri, Bowo berharap konsumen tak perlu repot datang dan bisa berinteraktif dengan Permaisuri sebelum memutuskan velg atau ban. Masih banyak konsumen yang salah info soal velg dan ban, Permaisuri pun berusaha membantu melalui online. Ditambah lagi, website Permaisuri diperkuat dengan jejaring sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter.

FB Permaisuri

Permaisuri juga menyediakan belanja online. Disini, konsumen dapat memesan produk yang ada dan membayarnya via online lewat kartu kredit. "Sayangnya, konsumen di Indonesia masih belum terbiasa dengan transaksi seperti ini," tutur Bowo.

Twitter Permaisuri

Saat ini, Permaisuri masih akan terus memberikan pelayanan yang terbaik buat pelanggannya. Saran apapun yang diberikan konsumen, semampunya akan dituangkan Permaisuri.

Dengan teknologi alat komunikasi dan gadget yang serba canggih sebagai sarana informasi saat ini, membuat Permaisuri berniat untuk meluncurkan Permaisuri Mobile dalam waktu dekat. Kita tunggu saja.

(kpl/tim jkt/abe)

Rekomendasi untuk kamu: