Pertama dalam sejarah! mobil impor mengaspal di negara ini

Pertama dalam sejarah! mobil impor mengaspal di negara ini

Di Indonesia, setiap tahun mobil impor sudah biasa di jual. Namun, ada yang berbeda dengan negara ini. Sejak tahun 1959, tidak ada satu mobil pun yang masuk dan dijual. Mengapakah demikian?

Mobil Klasik di Kuba

Mungkin orang akan tidak percaya dengan keadaan yang terjadi di negara ini. Inilah negara Kuba. Sejak tahun 1959, di bawah rezim komunis yang diprakarsai Fidel Castro, Kuba seperti negara yang di kuasai mobil-mobil dari masa lalu. Semua yang ada disana hanya mobil-mobil lokal dan klasik sebelum masa revolusi Kuba.

Mobil klasik di Kuba

Baru dua tahun terakhir, akhirnya pemerintah Kuba memberikan ijin rakyatnya untuk membeli mobil dari luar negeri, Amerika Serikat contohnya. Namun, ini pun harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah setempat sebelum mobil tersebut mengaspal di Kuba.

Mobil klasik di Kuba

Sekarang, aturan tersebut sudah berubah. Penduduk Kuba tidak harus repot-repot meminta ijin pemerintah untuk membeli mobil-mobil dari luar negeri. Namun dampaknya adalah, mobil-mobil impor disana tentu tidak akan murah. Mereka menamakannya 'luxury tax' atau 'pajak barang mewah'. Dengan ini, harga mobil impor disana bisa jadi 2 kali lipat dari harga semula.

Mobil klasik di Kuba

(kpl/sdi)

© PT Topindo Atlas Asia 2024