Produksi Daihatsu capai 3 juta unit di Indonesia
Produksi Daihatsu capai 3 juta unit di Indonesia
Sejak menancapkan kakinya di Indonesia puluhan tahun lalu, Daihatsu telah berhasil merebut hati konsumen otomotif di Tanah Air. Mulai dari berproduksi pada tahun 1977 hingga tahun 2013, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah berhasil memproduksi 3 juta unit kendaraan baik dengan merk Daihatsu maupun Toyota.
Perayaan pencapaian produksi ke-3 juta unit ini rencananya akan dilaksanakan pada Rabu mendatang (10/3) di PT Astra Daihatsu Motor (ADM) – Assembly Plant. “Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini dengan Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing ADM dalam surat undangannya kepada redaksi Otosia.com.
Pada bulan Februari lalu, penjualan Daihatsu di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 7 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Selama Februari Daihatsu berhasil menjual melepas 13.675 unit.
Daihatsu Xenia tetap menjadi penopang utama penjualan Daihatsu dengan mencatatkan angka 6.283 unit, dengan market share 46 persen. Disusul kemudian Gran Max Pick Up sebanyak 3.360 unit dan Gran Max Minibus sebanyak 928 unit atau 6,8 persen. Total Daihatsu Gran Max terjual 4.288 unit dengan penguasaan pasar sebesar 31,4 persen.
Lalu SUV Daihatsu Terios terjual 1.787 unit dengan market share 13,1 persen. Daihatsu Luxio menyumbang 567 unit dan Daihatsu Sirion berhasil mencapai angka 750 unit.
Saat ini Daihatsu telah menyiapkan pabrik barunya di Karawang, Jawa Barat, dan rencananya akan diresmikan pertengahan tahun ini. Pabrik yang saat ini dalam tahap penyelesaian pembangunan, memiliki kapasitas produksi 120.000 unit per tahun.
Melalui pabrik barunya di Karawang, Daihatsu akan meningkatkan kapasitas produksi menjadi 450.000 unit per tahun sekaligus menjadikan ADM sebagai produsen otomotif terbesar di Tanah Air.
Pabrik Daihatsu baru bakal dilengkapi dengan fasilitas Research & Development yang akan membuatnya menjadi aset bangsa yang sangat membanggakan. Hal ini karena diproyeksikan menjadi production base dan product base Daihatsu, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.
Produk ADM selain dipasarkan di dalam negeri, sekitar 14 persen diekspor ke 46 negara termasuk Jepang.
(kpl/nzr/rd)