Selasa, 26 Maret 2013

Skutik retro Yamaha Fino bakal pakai Injeksi

Honda dan Yamaha belakangan ini gencar menjadi yang terdepan untuk menyuguhkan skutik dengan teknologi injeksi. Di Yamaha, jajaran Mio-nya pun terus dipasangi teknologi tersebut. Langkah serupa juga dilakukan Honda antara lain lewat Vario yang kini memiliki fitur start-stop.

Kini, Mio untuk skutik retronya pun akan digarap. Muncul kabar bahwa Yamaha sedang menyiapkan skutik retro Fino yang mengamit teknologi injeksi. Namun, pihak Yamaha masih enggan membeberkan hal ini.

"Motor baru, belum bisa. Soal Fino injeksi (sama) masih belum bisa bicara," tampik Direktur Utama Pemasaran Eksekutif PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur Yutaka Terada.

Yamaha Fino

Yamaha sendiri sedang mengandalkan teknologi YMJET-FI. Pihak Yamaha menyebut bahwa ada penyempurnaan dengan melibatkan lebih banyak sensor yang pada akhirnya menunjang performa, efisiensi, dan sekaligus juga ramah lingkungan.

Fuel injection yang dipasang didukung oleh komputer ECU (Electronic Control Unit). Sebagai contoh, di mesin 125 cc-nya, tenaga meningkat menjadi 11,4 PS dibanding model sebelumnya, juga torsi menjadi 10,4 Nm, tetapi lebih irit sekitar 20 persen.

Fino sendiri masih mengandalkan karburator pada mesin 4-tak 2 valve, SOHC, berpendingin angin (melalui kipas) dan berkapasitas 113 cc. Mesin tersebut bertenaga 8,35 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 7,84 Nm pada 7.000 rpm.

Yamaha Fino

(kpl/nzr/rd)

Rekomendasi untuk kamu: