Suara mesin kasar dan daerah CVT berisik

Suara mesin kasar dan daerah CVT berisik

Senin 24 Oktober 2011. Pertanyaan... Halo TOP 1 Saya mau tanya beberapa hal : 1. Kenapa kok suara mesin motor saya kasar, motor saya honda vario . Bagaimana supaya suara mesin saya ga kasar lagi dan bagusnya pake oli mesin apa yah ? 2. Bagian daerah CVT saya berisik. bagaimana caranya supaya ga berisik lagi. terima kasih. Arif Budi -  Kalimantan Timur Jawaban... Dear Bapak Arif Budi Terima Kasih atas pertanyaan yang sudah diajukan ke kami sebelumnya Menanggapi pertanyaan Bapak sebelumnya,”Kenapa mesin motor saya kasar dan berisik, bagaimana cara menanggulanginya?” Perlu dipastikan terlebih dahulu suara yang bapak maksud berasal dari mana karena Ada banyak hal yang dapat menyebabkan mesin motor + CVT terasa kasar dan berisik seperti :

  1. Tidak melakukan service rutin
  2. Rantai keteng yang mulai aus
  3. Kruk as bengkok akibat benturan antar komponen sehingga menganggu gasingan kruk as
Bila sudah dipastikan di dalam mesin kendaraan anda maka perlu dilakukan service bongkar mesin untuk cek kondisi kruk dan rantai keteng Untuk Honda Vario bila berpegang pada buku manual kendaraan tingkat kekentalan pelumas yang sesuai dengan spesifikasi mesin adalah 10W-30 Untuk itu kamu menanjurkan untuk mengunakan TOP 1 Action Matic 10W-30 Synthetic Blend Motorcycle Oil Untuk bunyi pada CVT dapat disebabkan oleh 2 hal :
  1. Debu dan kotoran yang masuk ke dalam rumah CVT à Perlu dilakukan pembersihan atau disemprot dengan mengunakan cairan v-belt dressing matic
  2. Karet V-belt sudah mulai getas à Perlu dilakukan pengantian V-belt beserta rollernya
Semoga Bermanfaat
Drive Save, Save Lives

© PT Topindo Atlas Asia 2024