Subaru berharap besar pada Chang'an

Subaru berharap besar pada Chang'an

Entah bagaimana strateginya, Subaru malah memilih memasarkan mobil Cina untuk membantu penjualan mereka di Asia, termasuk Indonesia. Mobil Cina sendiri sudah kental dengan citra tidak laku dan hal negatif lainnya. Namun tak ayal, langkah ini dipilih untuk mendongkrak penjualan Subaru yang memang kecil.

"Walau bentuknya tetap lucu, Glenn Tan (Presiden Direktur Motor Image Group selaku pemasar Subaru) berharap nama Chang’An akan mendorong penambahan penjualan Motor Image Group hingga 2.500 lebih mobil per tahun, yang secara potensial mencapai 10.000 unit dalam 3-5 tahun ke depan (kombinasi antara Chang’An dan Subaru)," demikian dikutip business inquirer.

Penjualan Subaru disebut-sebut memang salah strategi. Sementara pasar seperti di Indonesia lebih akrab dengan mobil harga terjangkau atau lebih sedikit dengan produk yang fun-to-drive, mereka justru ngotot dengan menghadirkan teknologi-teknologi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, terutama bagi pasar perkotaan di Indonesia.

Subaru Forester

Gambar. Subaru All New Forester

Subaru sendiri baru saja meluncurkan All-New Forester di Taipei. Motor Image Indonesia selaku agen tunggal pemegang merek Subaru di Indonesia pun berharap model yang akan luncur di Indonesia 2013 ini bisa menjadi tulang punggung seperti juga model XV di Tanah Air.

Motor Image Indonesia pun mengaku akan sekuat mungkin mengedukasi calon konsumen, mulai dari advertorial di media massa hingga lainnya. "Kami akan melakukan berbagai hal. Advertising di media cetak hingga TV; untuk menjabarkan teknologi. Total anggaran untuk ini bisa sampai 20 juta dolar AS (sekitar Rp 190 miliar)," ungkap Glenn Tan, Presiden Motor Image Group.

(kpl/nzr/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024