Supercar Falcon versi jalanan, kombinasi Ferrari-Viper-GT40

Supercar Falcon versi jalanan, kombinasi Ferrari-Viper-GT40

Ingat dengan supercar Falcon F7 yang sempat tampil di North America International Auto Show (NAIAS) 2012 di Detroit? Mobil ini kini mulai "berkembang biak" sesuai pesanannya karena tak lain ada saja miliarder yang kesengsem dengan tampilannya.

Harganya boleh sekian ratus ribu dolar Amerika. Namun angka banderol memang tidak bohong, terutama untuk memuaskan selera.

Bicara tampilannya saja, Jeff Lemke, pria di belakang penciptaan mobil ini, mengaku bahwa ada desain-desain legendaris di balik mobilnya. Dia mengaku memang punya banyak pengalaman membuat body kit untuk Viper, satu dari sekian supercar legendaris Amerika.

Sementara itu, sekilas saja, kita juga bisa melihat unsur lain dari Ferrari, khususnya model 288 GTO. Auranya segera terasa ketika melihat komposisi kap, bodi tengah, dan yang paling kentara adalah area buritannya. Pilar terakhir itu sungguh mengacu pada punggung seksi 288 GTO. Lalu tidak ketinggalan juga lampu-lampu bundar di belakang. Rasa Italia-Amerikanya ini diperkuat pula dengan nunasa lekuk tubuh Ford GT40.

Satu yang unik adalah ide untuk bisa menyematkan mesin besar V8 di depan roda belakang, sementara ruang kabin masih cukup lega. Jeff pada awalnya berniat menggunakan transaxle Ford GT40, tetapi justru sukses ketika memakai part dari Lamborghini Gallardo.

Tenaganya pun bisa didongkrak sesuai permintaan konsumen. Standarnya mungkin 620 HP, tetapi dengan turbo ganda bisa menjadi 1.300 HP.

Masuk ke kabin, mereka yang menikmati karya seni mungkin seakan punya taman bermain yang menarik jika melihat desinnya. Kombinasi gaya retro pada set spidometernya sungguh menarik mata. Informasi terakhir, butuh sekitar 250.000 dolar AS untuk menebus si monster cantik berbobot satu seperempat ton ini.

(kpl/why/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024