Suzuki GSX-R1000 tampil lebih 'superior'

Suzuki GSX-R1000 tampil lebih 'superior'

Suzuki meluncurkan superbike GSX-R 1000 2012 dengan mengambil DNA MotoGP, yang lebih superior dibanding pendahulunya. Suzuki telah melakukan perubahan pada mesin maupun sasis, sehingga performa dan kemampuan handling menjadi lebih baik.

Perubahan yang signifikan meliputi penggunaan kaliper Brembo Monoblock untuk rem depan, dan Gixxer (sebutan Suzuki GSX-R) kembali ke sistem knalpot tunggal (sebelumnya double knalpot di kanan-kiri), serta perbaikan mesin dengan menaikkan sedikit kompresi dan mengurangi inertia. Sementara kaliper belakang menggunakan merek Nissin.

Untuk tahun 2012, GSX-R1000 mengadopsi mesin 999cc MotoGP, di mana piston diklaim 11% lebih ringan dari versi sebelumnya. Dampaknya, rasio kompresi motor naik sedikit dari 12.8:1 ke 12.9:1. Sedangkan rangkanya menggunakan aluminium twin-spar frame.

Dengan perubahan exhaust cam, tenaga di putaran bawah dan menengah menjadi lebih mantap dari generasi sebelumnya, sebuah kekurangan yang kini telah diperbaiki Suzuki.

Bobot motor bagian belakang dipangkas, terutama berkat penggunaan single exhaustmenggantikan double knalpot. Selain melakukan perubahan desain bagian depan dan penyempurnaan minimalis lampu belakang, pabrikan berlogo 'S' ini juga meningkatkan pengendalian dan akselerasi Gixxer, baik di trek lurus maupun ketika melahap tikungan.

"Kami bangga untuk memperkenalkan GSX-R1000 2012," kata Steve Bortolamedi, Senior Communications Manager Suzuki.

"Ini adalah model GSX-R baru, merefleksikan dekade pengembangan dari semua model yang ada, yang mendominasi track di seluruh dunia. Ini adalah warisan lanjutan GSX-R1000 yang performa juaranya telah melegenda, di mana teknologi balap telah terintegrasi pada produk terkemuka kami ini," tambah Bortolamedi.

(kpl/nzr/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024