Suzuki sebut permainan 'Win-Win-Win'
Suzuki sebut permainan 'Win-Win-Win'
'Express Maintanance' atau servis kilat yang ditawarkan Suzuki diterapkan dalam bentuk permainan dengan tiga kemenangan. Suzuki menyebutnya permainan 'win-win-win'.
"Permainan games win-win-win. Satu win untuk konsumen karena servis lebih cepat. Satu win untuk dealernya karena dealer harus mencapai target revenue lebih tinggi. Satu lagi win untuk mekaniknya karena mekaniknya juga harus bekerja dengan baik tanpa cacat," ujar Riecky Patrayudha, Asst Dept Head After Sales PT Suzuki Indomobil Sales.
'Express Maintanance' sendiri merupakan servis kebut bagi pengguna mobil merek ini dengan hanya memakan waktu tak lebih dari 60 menit. Hal itu pun menjadi terobosan baru bagi merek tersebut mengingat servis reguler biasanya memakan waktu berjam-jam.
Selain pelatihan terhadap orang-orang non-teknisi seperti mereka yang bekerja secara administrasi, sistem ini juga mencakup penerapan fisik yang sama pada mekanik ketika mereka tergabung dalam tim pengerjaan servis ngebut ini agar ritme kerja menjadi sama dan dengannya menjadi cepat.
Sejumlah tools canggih dibutuhkan selain jumlah pekerja yang melebihi jumlah umumnya ini. Empat orang teknisi dan satu pengawas akan bekerja untuk satu mobil atau bersifat keroyokan dengan berbagai persiapan.
Mereka yang ingin memanfaatkan program ini harus menghubungi bengkel Suzuki agar bisa menyediakan persiapan ini terlebih dahulu.
(kpl/why/sno)