Toyota Kijang Innova penguasa kelas MPV Medium
Toyota Kijang Innova penguasa kelas MPV Medium
Dalam kompetisi pasar yang semakin ketat, untuk segmen multi vehicle purpose (MPV). Toyota Kijang Innova memperlihatkan performa terbaiknya dengan membukukan total penjualan 7.383 unit atau menguasai market shares 83,6% pada Januari 2013 di kelas MPV medium.
Pencapaian tersebut tumbuh sekitar 57,9% dibandingkan dengan Desember 2012 sebanyak 4.676 unit. Pertumbuhan penjualan Toyota Kijang Innova tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pasar di segmen medium MPV yang tumbuh 26,9% dari bulan Desember 2012. Adapun, dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2012, penjualan Toyota Kijang Innova tumbuh sekitar 15%.
Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto, menyebutkan masih tingginya permintaan terhadap Toyota Kijang Innova membuktikan bahwa mobil ini masih tetap dipercaya sebagai salah satu kendaraan andalan keluarga Indonesia.
“Kami bersyukur Toyota Kijang terus mendapatkan respon positif dari konsumen. Dari awal, Toyota Kijang diciptakan sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika mobil ini menjadi salah satu pilihan konsumen, khususnya keluarga di Indonesia,” kata Joko, hari ini.
Toyota Kijang Innova merupakan salah satu ikon produk tersukses yang dirilis Toyota. Kijang Innova pertama kali diproduksi dan dipasarkan di Indonesia pada 2004. Kijang Innova menjadi salah satu kontributor terbesar penjualan, di mana sejak pertama kali diluncurkan hingga Januari 2013, membukukan total 459.240 unit.
Sementara itu, sejak kemunculan perdananya pada 9 Juni 1977 hingga Januari 2013, semua varian Toyota Kijang sudah membukukan total penjualan 1.525.127 unit.
(kpl/prl/rd)