Usai mengakusisi Chrysler, Fiat berbenah hadapi pasar global

Usai mengakusisi Chrysler, Fiat berbenah hadapi pasar global

Chrysler Indonesia melaporkan, setelah jajaran Direksi Fiat S.p.A (Fiat) menyetujui adanya restrukturisasi dan usai mengakuisisi Chrysler Group LLC tanggal 29 Januari kemarin. Produsen mobil yang bermarkas di Turin-Italia ini mendirikan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) sebagai perusahaan otomotif global yang terintegrasi.

Sebelumnya Fiat mengakuisisi seluruh saham Chrysler Group LLC, yang sebelumnya dimiliki oleh VEBA Trust, Jajaran Direksi Fiat telah merevisi dan mempertimbangkan langkah untuk restrukturisasi korporasi.

Agar terciptanya citra yang kuat diantara perusahaan otomotif global lainnya, dari segi modal maupun skala perusahaan, jajaran direksi telah mendirikan Fiat Chrysler Automobiles N.V, yang dibentuk di Belanda, sebagai perusahaan induk group. Saham umum FCA akan didaftarkan di New York dan Milan.

Fiat 500

"Lembaran baru telah dimulai dengan didirikannya Fiat Chrysler Automobiles. Sebuah perjalanan yang dimulai lebih dari satu dekade yang lalu, Fiat telah berjuang untuk memajukan dirinya dalam pasar yang rumit, serta menyatukan dua perusahaan dengan sejarah otomotif yang kuat dan berbeda, namun memiliki kekuatan geografis yang sama," ujar John Elkann, Chairman, Fiat.

"Dengan FCA kami akan menghadapi masa yang akan depan dengan tujuan baru dan penuh semangat," tambahnya.

"Restrukturisasi korporasi secara global akan menyempurnakan visi dan kinerja Group diseluruh dunia dan membawa keuntungan yang lebih baik," timpal Sergio Marchionne, CEO Fiat dan Chairman/CEO Chrysler Group.

Fiat 500

Dalam proposal yang telah disetujui oleh jajaran direksi Fiat, pemegang saham Fiat akan menerima 1 saham FCA untuk setiap saham Fiat yang dimiliki. Saham FCA tersebut terdaftar di New York Stock Exchange (NYSE) dan di Mercato Telematico Azionario (MTA) di Milan.

FCA diharapkan dapat menjadi pengelola pajak perusahaan di Inggris, namun seluruh pajak Group tetap harus dibayarkan dimasing-masing lokasi dimana terjadinya aktivitas bisnis.

Keseluruhan Group akan menjadi FCA dan memiliki misi yang sama, termasuk manufaktur atau pabrik di Italia dan di seluruh dunia, tanpa perubahan dari sisi 'headcount'. FCA sendiri direncanakan akan mempresentasikan rencana bisnis jangka panjang kepada komunitas financial di awal bulan Mei 2014.

(kpl/nzr/sdi)

© PT Topindo Atlas Asia 2024