Wajah All-New KIA Carens lebih 'manis'

Wajah All-New KIA Carens lebih 'manis'

New-Kia Carens yang dikabarkan akan hadir di Indonesia beberapa waktu lagi akan lebih manis dalam segi perwajahan dibanding model sebelumnya. Satu yang juga akan dipertahankan, mini-MPV ini juga akan tetap berkapasitas 7-penumpang seperti model sebelumnya.

"Tujuh, tujuh penumpang. Sama seperti sebelumnya," ujar sumber yang mengetahui rencana ini, sambil mengatakan bahwa belum ada kepastian apakah akan ada spesifikasi khusus untuk pasar Indonesia nantinya.

Untuk urusan mesin, kapasitas mesinnya diperkirakan 1,4-liter. Sementara itu, di sejumlah pasar, akan ada pilihan mesin bensin dan diesel 1,6-liter. Di Inggris sendiri terdapat sejumlah pilihan mesin, termasuk diesel 1,7-liter serta mesin bensin 1,6-liter dan 2,0-liter.

KIA pada awalnya memang mengembangkan Carens sebagai MPV alternatif. Generasi ketiganya, yang juga disebut Kia Rondo, dirakit di Gwangju Plant, Gwangju, Korea Selatan, dengan empat pilihan mesin, yakni 2.0 L G4KA I4, 2.0 L D4EA CRDi I4, 2.4 L G4KC I4, 2.7 L G6EA V6 plus pilihan transmisi 5-speed manual, 4-speed automatic, 5-speed automatic, dan 6-speed manual.

Di Indonesia sendiri, Carens masih memikat di kelas mobil second dengan harga Rp. 60 juta - Rp. 75 juta (generasi pertama), dan di kisaran Rp. 90 juta (generasi kedua). Generasi ketiga jarang sekali terlihat, kecuali dipasarkan oleh importir umum.

Namun andai generasi terbarunya dipasarkan di Tanah Air, bukan tidak mungkin Carens akan mencuil kue penjualan total kelas MPV yang dipadati oleh Toyota Avanza - Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Nissan Evalia ini.

(kpl/why/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024