Yamaha V-Ixion, menggoda dari masa ke masa
Yamaha V-Ixion, menggoda dari masa ke masa
New Yamaha V-Ixion tak hanya menggoda pasar sport 150 cc dari segi tampilan, namun ia juga punya keunggulan sisi teknologi. Bahkan mantap menjejak saat diajak cornering dan melibas tikungan-tikungan menantang di Lembang Bandung akhir pekan kemarin.
Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2007 silam, model andalan Yamaha di kelas sport 150cc ini sudah menyita perhatian bikers. V-Ixionadalah motor sport 150cc injeksi pertama di Indonesia dan langsung mendapatkan tempat di hati konsumen. Dengan kualitas mesin dan model yang sangat menjual, V-Ixion menjelma menjadi raja motor sport Indonesia.
Iritnya penggunaan bensin membuat para pengendara V-Ixion biasanya membawanya menempuh jarak jauh. Penggunaan V-Ixion oleh pemiliknya sekitar 20.000 sampai 36.000 km per tahun.
Dalam perjalanannya, V-Ixion mengalami beberapa perubahan minor. Seperti yang menonjol di tahun 2011, di mana Yamaha mengeluarkan V-Ixion warna putih sesuai tren dengan desain terinspirasi R1 1000 cc.
Warna putih tengah digemari tidak hanya di pasar Indonesia tapi juga Eropa. Pilihan warna yang menjadi tren global itu terbukti mendongkrak penjualan Yamaha.
Perubahan minor V-Ixion di tahun lalu itu kombinasi warnanya berbeda dengan warna lama. Perbedaannya terletak pada tangki, sayap atau cover radiator dan spakboard depan mengikuti warna dasar motor masing-masing yaitu putih, merah marun dan hitam.
Perbedaan lainnya antara motor baru dan lama terlihat dari desain striping yang dibuat seperti efek asap. Striping baru itu terdapat pada tangki dan cover body belakang. Inspirasi efek ini didapatkan dari motor R1 1000 cc yang efeknya tampak pada bodi samping kanan dan kiri serta sedikit terlihat pada tangki motor.
Dan mulai pada perubahan di 2011 itu, V-Ixion sudah menggunakan automatic head light on yang otomatis menyala saat motor dihidupkan. Jadi tidak hanya di malam hari tapi di siang hari pun lampu motor menyala.
Apa yang diterapkan Yamaha ini sesuai dengan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 di mana menyebutkan pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari. Automatic head light on juga menggeser fungsi saklar motor yang sudah tidak diperlukan lagi.
Di 2010 penampilannya juga berubah lebih modern dan aerodinamis. Perubahan dilakukan pada delta box yang warnanya berubah menjadi hitam, desain striping juga berubah dan head lamp yang sebelumnya berbentuk bulat berganti lebih futuristik.
Head lamp multi reflector V-Ixion tersebut tampak lebih modern dan gagah. Ada tiga pilihan warna yaitu Black Gold, Grey Blue dan Red Black.
Sampai akhirnya, Yamaha mengeluarkan V-Ixion baru (New V-Ixion Lightning) akhir Oktober tahun ini dan diperkenalkan kepada publik untuk pertama kali di Jakarta Motorcycle Show (JMCS). Saat itu hadir bintang tamu utama pembalap Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo, dalam prosesi launching.
(kpl/nzr/bun)