Yukk..identifikasi kebocoran oli dan akibatnya

Yukk..identifikasi kebocoran oli dan akibatnya

Masalah dapat muncul kapan saja, mobil pun tentunya dapat mengalami masalah, akan tetapi kadang kita sering lupa dan mengabaikan tanda dan gejalanya.

Salah satu hal yang paling nampak ialah terdapat kebocoran atau sesuatu yang menetes dari bawah mobil.

Kebocoran ini mungkin saja tidak anda ketahui. Hal ini menyebabkan masalah atau kerusakan tidak dapat segera ditangani dengan baik.

Walaupun kebocoran diketahui, toh mobil masih dapat berjalan sehingga pemilik membiarkan saja hal ini tanpa tertangani.

Kebocoran merupakan cara mobil memberitahu kepada anda bahwa terdapat sesuatu yang salah dan semakin cepat diperbaiki, masalah bisa dilokalisasi dan tidak hingga menyebar.

Terdapat beberapa oli atau minyak yang ada pada mobil. Idealnya semua oli ini tidak boleh bocor keluar. Oli mesin, oli transmisi, oli rem, oli power steering ialah beberapa contoh diantaranya.

Pemilik mobil bisa menentukan jenis oli apa yang bocor dengan melihat warnanya

Cairan berwarna merah umumnya berasal dari sistem power steering yang apabila bocor dapat memengaruhi kemampuan Anda mengendalikan kemudi mobil. Cairan merah juga dapat berasal dari oli transmisi.

Apabila jenis kebocoran ini yang terjadi, Anda dapat membawa mobil ke mekanik untuk mendiagnosa jenis kebocoran sebelum kondisi mobil semakin parah.

Cairan berwarna terang atau kuning hingga kecoklatan dapat jadi indikasi bahwa oli rem mobil mengalami kebocoran. Oli rem yang bocor juga dapat ditemui pada velg atau bagian sekitar ban.

Apabila oli rem bocor, akan terdapat masalah pada master silinder. Jika ini terjadi rem tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Cairan berwarna amber (coklat terang) membuat tanda kebocoran oli mesin. Cairan ini dapat berwarna coklat atau kehitaman jika oli mesin sudah berumur lama.

Kebocoran jenis ini ialah tipe kebocoran yang paling umum terjadi karena berbagai sebab.

Berbagai kebocoran diatas terlihat sepele, akan tetapi dapat menjadi petunjuk ada bagian mobil yang tidak berfungi normal.

Penanganan secepat mungkin sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Sumber : http://www.kiosban.com/identifikasi-kebocoran-oli-dan-akibatnya/

© PT Topindo Atlas Asia 2024