Jumat, 21 Februari 2020

3 Alasan Kenapa Wajib Menggunakan Minyak Gemuk

Minyak gemuk atau yang memiliki nama resmi grease merupakan salah satu bentuk utama pelumasan yang dipasarkan. Berbeda dengan oli mesin, grease atau minyak gemuk memiliki tingkat pelumasan yang padat.

Tingkat kekentalan atau semi-cair dan tingkat kepekatan yang tinggi merupakan ciri khas minyak gemuk. 

Meski memiliki tugas pelumasan, apakah minyak gemuk melumasi benda yang sama dengan oli pada umumnya? Lalu, apa alasan wajib menggunakan minyak gemuk untuk kendaraan?

Jangan disamakan dengan oli mesin atau pelumas lain karena gemuk memiliki komponen khusus. Jangan sampai komponen yang semestinya dilumasi oli justru diberi gemuk atau sebaliknya.

Minyak gemuk biasa digunakan di komponen yang tertutup, misalnya bearing komstir, laher as roda, as roda atau di laher swing arm. Nah, bila komponennya sudah kamu ketahui lalu apa alasan dan manfaat menggunakan minyak gemuk?

Alasan Menggunakan Minyak Gemuk

1. Untuk Mengurangi Gesekan Komponen

Sama seperti fungsi dari oli pada umumnya, graese atau minyak gemuk merupakan pelumas semi-cair yang memiliki tingkat kekentalan tinggi. Perputaran atau pergantain transmisi dapat terhambat bila mengabaikan minyak gemuk.

BACA JUGA: 6 Fungsi Utama dari Oli Gemuk di Kendaraan Motor

Tidak hanya itu, grease atau minyak gemuk akan memberikan performa yang sempurna untuk menunjang pergerakan komponen seperti bearing komstir.

2. Untuk Menahan Panas Mesin

Berkendara dalam jangka waktu yang lama akan membuat komponen CVT panas seiring dengan lamanya jarak dan beban yang dipikul. 

Fungsi dari gemuk yaitu menahan dan menjaga komponen kendaraan agar tetap menempel, sekaligus menahan titik didih komponen agar tetap bekerja secara aktif dan kondusif meski digunakan dalam waktu yang lama.

3. Untuk Menghadirkan Daya Lekat

Selain untuk melumasi komponen, grease atau minyak gemuk juga berfungsi sebagai daya lekat dua bagian mesin kendaraan yang terpisah. Layaknya bearing di kendaraan sehingga mesin kendaraan dapat bekerja secara ekstrim dan memiliki muatan yang besar.

Alasan ini cocok bagi kamu yang kerap membawa barang bawaan, baik di mobil bak atau pengangkut barang-barang layaknya mitra ojek online.

Setiap produk minyak gemuk memiliki karakteristik tersendiri, seperti anti air, konsistensi yang padat dan sistem oksidasi pelumas. Pelumasan oli gemuk juga dapat bertahan di temperatur yang tinggi maupun rendah.

Apakah kamu ingin membeli minyak gemuk tapi khawatir akan kualitasnya? Cobalah TOP 1 Synthetic Hi-Temp Grease! Oli gemuk produk TOP 1 dengan kualitas terbaik dengan sertifikasi buatan Amerika Serikat yang cocok untuk kebutuhan pelumasan dan melekatkan komponen.

Keunggulan TOP 1 Synthetic Hi-Temp Grease juga sangat baik dibandingkan merek lain, antara lain:

  • Higher Dropping Point

Titik leleh yang lebih tinggi sehingga aman dan tahan di temperatur yang tinggi (lebih dari 260 derajat celcius).

  • Formula Base Oil Sintetik

Dengan kandungan dan formula racikan TOP 1, oli gemuk ini akan lebih tinggi di segi ketahanan dan rentang waktu yang lebih lama.

  • Kualitas Perlindungan Terbaik

TOP 1 Synthetic Hi-Temp Grease juga memiliki daya rekat dan perlindungan yang sempurna untuk kebutuhan kamu.

Kamu dapat menemukan produk TOP 1 Synthetic Hi-Temp Grease di toko atau bengkel kesayangan kamu. Atau, langsung nikmati kemudahan pembelian di TOP 1 Store Tokopedia!

Rekomendasi untuk kamu: