Rabu, 12 Februari 2020

6 Fungsi Utama dari Oli Gemuk di Kendaraan Motor

Banyak orang yang awam mengenai barang satu ini, yaitu grease. Produk yang kerap dipasarkan dengan istilah Hi-Temp Grease ini merupakan salah satu barang yang masih berkerabat dengan oli.

Berbeda dengan oli yang memiliki tingkat kekentalan beragam serta menggunakan berbagai macam formula aditif. Grease atau oli gemuk merupakan produk padat yang semi-cair dan memiliki tingkat kepekatan yang cukup tinggi.

Oli mesin yang kerap menggunakan botol atau TOP 1 yang khas dengan kemasan kaleng memang cukup dikenal. Namun bagaimana dengan grease? Apa kamu pernah mendengarnya lalu apa saja manfaatnya? Yuk, simak!

Fungsi Oli Gemuk untuk Kendaraan

1. Menghadirkan Daya Lekat

Oli gemuk atau grease berfungsi untuk melekatkan dan melumasi dua bagian mesin kendaraan yang terpisah. Selain itu, oli gemuk serta oli mesin memiliki peran yang berbeda dan memiliki fungsi yang cukup spesifik.

Biasanya oli gemuk digunakan pada mesin yang lebih sering dihidupkan dan dimatikan secara intens. Beberapa mesin yang direkomendasikan untuk menggunakan oli gemuk adalah:

  • Mesin yang memiliki ruang atau bagian yang tidak menempel. Oli gemuk akan memberikan daya lekat dalam jangka waktu yang lama
  • Mesin yang bekerja pada kondisi ekstrim atau suhu yang tinggi
  • Mesin yang digunakan pada jarak pendek dan sering dimatikan
  • Mesin dengan shock yang tinggi dan mesin dengan muatan yang besar

2. Meminimalisir Kebocoran Mesin

Dalam artian menjaga komponen atau mesin mobil dari material yang asing dan dapat merugikan performa kendaraan. Bahan grease juga menahan serta melindungi dua komponen yang memiliki gap atau jarak.

3. Pelumas yang Tahan Lama

Kamu yang sering menggunakan oli mesin atau gardan rasanya tidak heran bila rutin menggantinya di jarak tertentu. Hal itu memang perlu dan sangat dianjurkan guna menjaga kondisi mesin yang sehat.

Selain itu, kondisi mesin yang sehat akan membawa performa mesin yang bandel. Namun grease merupakan salah satu komponen yang awet atau tidak perlu rutin diganti. 

Selama mampu melumasi dua komponen, maka tidak ada keharusan untuk menggantinya. Pemasangannya pun cukup mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak.

4. Tak Perlu Kontrol Berjangka

Mungkin kendaraan kamu akan membutuhkan monitoring atau cek berjangka ke bengkel kesayangan karena keadaan sekitar, baik kecelakaan, lecet atau dilanda hujan dan banjir.

BACA JUGA: 6 TIPS MUDAH MERAWAT RANTAI MOTOR AGAR KUAT DAN TAHAN LAMA

Peningkatan kendaraan dibutuhkan setelah mengalami kerusakan dan tentunya, oli gemuk bukan salah satu barang yang memerlukan kontrol. Selain karena awet, komposisi oli gemuk memang dibuat untuk jangka waktu yang lama sehingga dapat menunjang performa kendaraan hingga jarak yang jauh.

5. Menunjang Seluruh Kendaraan

Kamu ingin membeli grease atau oli gemuk tapi bingung peruntukannya di setiap kendaraan? Tenang saja, oli gemuk memang dikhususkan untuk mesin atau alat berat di bidang industri namun juga dapat digunakan di kendaraanmu.

Oli gemuk bisa digunakan untuk kebutuhan barang lain seperti as roda dan bearing komstir. Tentu tidak salah bila ingin membeli oli gemuk apalagi perawatannya memang tidak rumit.

6. Teknologi Pelumasan Tinggi

Pelumas akan menyesuaikan dengan suhu dan ekosistem yang ada, tapi tidak lupa dengan setiap teknologi pelumasan yang ada di setiap produk.

Beberapa produk oli gemuk memiliki beberapa kateristik tersendiri, seperti anti air, konsistensi padat dan sistem oksidasi pelumas. Pelumasan oli gemuk sendiri tidak dapat bertahan di temperatur yang terlalu tinggi maupun rendah.

Khawatir dengan kualitas oli gemuk yang kamu gunakan? Semua kekhawatiran kamu akan hilang dengan menggunakan TOP 1 Synthetic Hi-Temp Grease! Oli gemuk produk TOP 1 dengan kualitas dan sertifikasi Amerika Serikat yang cocok untuk segala kebutuhan pelekatan dan pelumasan.

TOP 1 Synthetic Hi-Temp Grease juga memiliki beberapa keunggulan dibanding produk lainnya, seperti:

 Higher Dropping Point

Titik leleh yang lebih tinggi sehingga aman dan tahan di temperatur yang tinggi (lebih dari 260 derajat celcius).

 Formula Base Oil Sintetik

Dengan kandungan dan formula racikan TOP 1, oli gemuk ini akan lebih tinggi di segi ketahanan dan rentang waktu yang lebih lama.

 Kualitas Perlindungan Terbaik

TOP 1 Synthetic Hi-Temp Grease juga memiliki daya rekat dan perlindungan yang sempurna untuk kebutuhan kamu.


Kamu dapat menemukan produk TOP 1 Synthetic Hi-Temp Grease di toko atau bengkel kesayangan kamu. Atau, langsung nikmati kemudahan pembelian di toko-toko online resmi TOP 1!

Rekomendasi untuk kamu: