Senin, 10 Februari 2020

6 Tips Mudah Merawat Rantai Motor Agar Kuat dan Tahan Lama

perawatan rantai motor

Rantai, salah satu barang yang paling sering disepelekan mengingat durabilitasnya yang tinggi. Banyak dari pengendara cuek karena komponen satu ini mudah terlihat dan cenderung sulit untuk rusak, apalagi dalam jangka waktu yang singkat.

Namun bukan berarti rantai harus luput dari pengawasan. Justru karena fungsinya yang vital, maka rantai memerlukan perawatan yang ekstra. Nah, untuk menghindari hal-hal yang merugikan di perjalanan ada baiknya kamu menyimak tips perawatan rantai motor. Yuk, simak!

1. Membersihkan Rantai Rutin

Perlukah rantai motor dibersihkan? Sebenarnya diperlukan namun ketika ada benda-benda asing yang dapat merusak jalur tarikan dan gear utama. Biasanya rantai akan mendapatkan debu dan kotoran, namun di musim penghujan bisa lebih buruk.

Pasalnya, musim hujan atau genangan membawa material yang dapat memperburuk kinerja rantai dan menyangkut di gear utama. Beberapa hal yang buruk seperti plastik kecil, tali atau benang hingga lumpur.

Jika tidak segera dibersihkan maka rantai motor kamu akan mengeluarkan suara berisik dan cenderung kaku. Jadi pastikan rantai selalu dalam kondisi prima dan dijauhi dari material buruk.

2. Manfaatkan Pelumas Rantai

Melumasi komponen motor tidak hanya melalui produk oli pelumas, tapi ada juga tipe produk yang khusus melumasi rantai. 

Pelumas rantai juga berfungsi untuk menjaga motor agar tetap awet, jadi biasakan merawat motor dengan melumas rantai secara rutin. 

Manfaatnya pun sangat baik, yaitu membantu membersihkan rantai motor serta melumasi seluruh area gerak kendaraan hingga ke celah mata rantai dan gear penggerak. 

3. Lakukan Perawatan Rantai Berkala

Rantai juga butuh perawatan lebih selain menggunakan pelumas dan pembersihan. Memeriksa rantai motor terdiri dari segi performa di setiap rotari kendaraan serta daya tahan dalam kecepatan yang tinggi.

Suara yang mengganggu dan alur rantai yang tersendat dapat menjadi indikasi bahwa rantai motor perlu diganti atau dicek. Beberapa rantai juga memiliki daya renggang jadi mengencangkan rantai bisa jadi salah satu solusi.

4. Selalu Gunakan Produk Asli

Membuang uang untuk membeli barang-barang yang belum tentu keasliannya merupakan hal yang sia-sia, salah satunya membeli produk palsu. Bila ada yang asli tentu lebih baik rasanya dibandingkan perbedaan harga yang tidak seberapa.


Produk asli juga memiliki spesifikasi yang cocok, durabilitas yang tinggi serta performa yang sudah terjamin. 

Jadi pastikan rantai yang kamu gunakan asli atau orisinil dari buatan pabrik. Meskipun harus merogoh kocek lebih dalam rasanya hal itu tidak masalah untuk kendaraan tersayang dan menjauhi resiko kecelakaan.

5. Menghindari Penggunaan Oli Bekas

Oli bekas tidak hanya marak dipasarkan melalui oli mesin, lho! Pasalnya, oli bekas juga marak terlihat di beberapa bengkel atau toko online yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dapat dipastikan memberikan efek yang buruk.

BACA JUGA: 3 FUNGSI DAN WAKTU YANG TEPAT GANTI OLI GARDAN MOBIL

Dan tingkat kejernihan oli bekas sangat buruk dan justru dapat mendatangkan kotoran yang menempel di rantai. Hindari juga menggunakan oli bekas atau gemuk, ya!

6. Hindari Memotong Rantai Sembarangan

Nah, ini merupakan hal yang sangat penting untuk dibahas. Banyak orang menyepelekan sistem rantai yang dirasa dapat dimodifikasi sedemikian rupa.

Faktanya, banyak rantai motor yang seharusnya tidak dipotong. Beberapa merek lebih direkomendasikan diganti dengan rantai baru dan sebisa mungkin menghindari potong rantai jika umur rantai kamu masih 3 bulan. 

Ada juga merek yang tidak diperbolehkan memotong rantai, biasanya motor sports seperti Kawasaki Ninja atau Honda CBR.

Pastikan menggunakan produk terbaik untuk melumasi rantai kamu dengan TOP 1 Chain Lube! Memiliki beragam kelebihan, antara lain:

  • HEAT RESISTANCE

Tahan panas hingga 2 kali lipat dibandingkan pelumas rantai biasa. Mampu melumasi tanpa oksidasi berlebih di pemakaian jangka panjang.

  • EXTRA PROTECTION

Mengurangi gesekan dan memperlancar pengaliran tenaga baik dari gear hingga daya tarik mesin.

  • NANO TECHNOLOGY

Cairan pelindung rantai dan gear pada kendaraan yang melapisi performa kendaraan dengan teknologi nano. Tunggu apalagi? Rasakan teknologi pelumas berstandar FIM sekarang, kunjungi juga toko online resmi dari TOP 1 sekarang!

Rekomendasi untuk kamu:

Senin, 10 Februari 2020