3 Fungsi dan Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Mobil

3 Fungsi dan Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Mobil

Kendaraan bermotor rasanya hal yang mudah ditemui di Indonesia. Banyak penyedia kendaraan roda empat dan dua yang berlomba-lomba menghadirkan performa terbaik dengan harga yang terjangkau.

Tentu maraknya jumlah kendaraan berkolerasi dengan tingginya kebutuhan jasa atau barang yang bersangkutan, seperti servis di bengkel, bensin, spare part kendaraan, dan tentunya oli pelumas.

Nah, oli merupakan cairan yang berfungsi melumasi beberapa bagian kendaraan dan melancarkan laju mobil.

Mobil akan mustahil bergerak sangat jauh bila tanpa kehadiran oli pelumas. Fungsi yang seperti ini akan sangat penting untuk diperhatikan. Oli di kendaraan mobil maupun motor terdiri dari dua jenis, yaitu oli mesin dan oli gardan.

Mungkin banyak dari kamu yang paham dengan oli mesin, namun bagaimana dengan oli gardan?

Oli transmisi atau gardan merupakan komponen oli yang penting untuk melumasi transmisi. Fungsinya pun sangat beragam, apa saja kegunaannya di mobil?

1. Melapisi Transmisi Mobil

Dalam kendaraan mobil, gardan merupakan komponen yang berfungsi mengatur kecepatan roda saat berputar. 

Tanpa adanya gardan, maka roda kiri dan kanan akan berputar dengan kecepatan yang sama. Sebaliknya, kehadiran gardan akan membuat roda berbelok sesuai dengan kecepatan yang aman.

Oli gardan di mobil sendiri berfungsi melapisi transmisi kontak gigi gardan. Fungsi ini penting mengingat banyak gesekan yang berpotensi merusak dan membuat kendaraan mobil kamu tidak awet, apalagi di perjalanan yang jauh.

2. Mengurangi Gesekan Gardan

Gesekan akan terjadi, namun oli hadir untuk meminimalisir gesekan keras dengan menahan pergerakan dinamis komponen gardan mobil.

Bila komponen gardan dari mobil tidak menggunakan oli, maka hasil perputaran dan jalannya kendaraan akan terhambat. Efek fatal pun bisa saja terjadi bila kamu abai dengan oli gardan di mobil.

Kepentingan atau kebutuhan oli gardan mobil berbeda dengan motor. Karena ada spesifikasi khusus untuk oli gardan mobil, seperti kekentalan layaknya oli mesin.

3. Menjaga Kestabilan Suhu Gardan

Fungsi yang penting adalah pendinginan mesin gardan. Bila mesin mengalami overheat, maka performa mobil akan terhambat dan berpotensi mengalami kerusakan berlanjut.

Akibat bila oli gardan mobil habis adalah meningkatnya suhu gardan mobil yang kemudian akan memuai dan macet.

Tentu kecepatan mobil kamu akan terhambat dan akan ada bunyi kasar seiring pergerakan transmisi mobil.

Berdasarkan fungsi di atas, tentu kamu tidak ingin mobil kesayangan kamu rusak, bukan?

Lebih baik mencegah daripada mengobati, peribahasa yang pas bagi kamu untuk tidak menunda-nunda saat mengganti oli gardan mobil.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan mobil?

Waktu yang pasti untuk mengganti oli gardan sebenarnya tidak ada, karena setiap mobil dirancang secara independen oleh setiap pabrik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebaiknya oli gardan belakang diganti pada interval 30.000 sampai 50.000 km. Nah, sedangkan untuk gardan bagian depan (transaxle) diganti pada interval 25.000 sampai 30.000 km.

BACA JUGA: Gratis Biaya Tune Up Mobil Setiap Ganti Oli Pakai TOP 1!

Oli gardan untuk mobil juga memiliki spesifikasi tertentu, contohnya tingkat kekentalan yang cukup besar.

Biasanya mobil penumpang dengan daya tampung yang besar akan menggunakan oli gardan dengan kekentalan SAE 75W-90. 

Sedangkan, mobil yang lebih besar layaknya truk dan bus akan menggunakan oli gardan di tingkat kekentalan lebih dari SAE 90. Alasannya? Karena truk dan bus memiliki beban yang berbeda.

Oli yang memiliki tingkat kekentalan rendah atau encer memang baik untuk melupasi celah sempit, namun lapisan tersebut kurang direkomendasikan untuk roda gigi dengan beban yang berat.

Sebisa mungkin cobalah megunjungi bengkel untuk pergantian oli gardan mobil bila terkendala pengalaman serta alat.

Namun bila kamu sudah memiliki pengalaman dalam mengganti oli gardan dan lengkap dari segi peralatan seperti kunci, maka tidak ada salahnya mengganti oli gardan mobil sendiri.

Ingin mencoba sensasi oli gardan yang berkualitas dan terpercaya? TOP 1 memiliki solusinya!

Produk Oli Gardan TOP 1 Gear Oil dari 80W-90, TOP 1 Gear Oil LSD 75W-90, TOP 1 Gear Oil MB 90 1 L GL-5 dan lain sebagainya merupakan jajaran oli gardan berkualitas untuk mobil kesayanganmu!

Sudah diuji secara berkala dan memiliki tingkat kekentalan yang variatif untuk menjaga gesekan gardan mobil kesayangan kamu! Ingin membelinya tanpa pusing dan dijamin keasliannya? Langsung beli di toko-toko online TOP 1 sekarang!

© PT Topindo Atlas Asia 2024