Jumat, 11 September 2020

3 Cara Memilih Air Radiator Terbaik untuk Sepeda Motor

Banyak yang belum tahu bahwa air radiator merupakan komponen penting yang baik untuk motor. Untuk kasus ini, motor matic menjadi pokok pembahasan, karena berbeda dengan motor bebek atau underbone yang berpacu pada gigi.

Motor matic merupakan sistem transisi gigi otomatis yang tidak mengandalkan perpindahan gigi manual. Motor yang berjalan secara konsisten seperti matic membutuhkan air radiator.

Fungsi air radiator adalah sebagai pendingin agar mesin dan suhu kendaraan tidak terlalu panas. Mesin motor yang hidup akan memiliki gesekan komponen seperti bagian piston atau silinder. 

Pendinginan mesin yang optimal tentu akan mengandalkan air radiator selain sistem angin. Apabila air radiator kurang, atau bahkan sampai kering maka mesin akan kepanasan atau dikenal dengan istilah overheat.

1. Takaran Kemasan yang Pas

Bila mengalami suhu yang melebihi kapasitas maka akan berdampak buruk dan berbahaya bagi komponen yang ada di dalam mesin. Ada satu komponen yang memiliki dampak buruk bila kekurangan air radiator.

Apa komponen tersebut? Seal water pump.

Seal water pump atau segel yang menutup lapisan air radiator berguna untuk menjaga cairan dalam mesin tetap berada di posisi. Air radiator yang bocor akan merambah ke mesin hingga tercampur ke bagian oli.

Bila tidak terdeteksi untuk waktu yang lama, maka akan merusak piston karena oli akan terkontaminasi dengan air radiator. Tentu oli yang bocor akan membuat pelumasan kurang optimal dan turun mesin di saat pemakaian jangka lama.

Gunakan air radiator yang juga sesuai dengan kebutuhan, seperti air radiator untuk motor yang tidak lebih dari 0,8 liter pemakaian.

2. Tidak Memiliki Kandungan Mineral

Salah satu hal paling penting adalah komponen air radiator. Tidak boleh sembarangan, nyatanya air mineral mampu merusak tangki air radiator.

BACA JUGA: PENJELASAN LENGKAP KODE DOT MINYAK REM, MANA YANG TEPAT UNTUK KENDARAANMU?

Mineral yang terbakar akan menimbulkan kerak yang nantinya akan merugikan dalam pemakaian jangka waktu lama.

Banyak yang menggunakan air biasa, meski demikian tidak direkomendasikan. Selalu gunakan air radiator yang pas yang memiliki kandungan Ethylene Glycol untuk menahan titik didih yang tinggi serta tidak mudah menguap.

3. Percayakan Pada Brand Ternama

Nama brand menjadi pilihan yang baik untuk kamu yang ingin menggunakan suatu produk. Patokan produk ini sangat baik untuk menilai kualitas air radiator yang hendak digunakan.

Merek atau brand sendiri menjadi identitas yang dapat dipercaya, baik secara global maupun di beberapa negara tertentu. Kualitas yang akan dijaga senada dengan besarnya brand value suatu produk.

Produk air radiator yang kamu gunakan bisa saja mengalami kerusakan ketika mempercayakan kepada brand yang kurang dikenal. 

TOP 1 POWER COOLANT bisa banget buat kendaraan motor matic kesayangan kamu! Memiliki berbagai kelebihan seperti teknologi Reverse Osmosis yang membuat air tidak menimbulkan kerak hingga kandungan E. Glycol sebanyak 20%

Cairan air radiator TOP  1 juga memiliki kadar pH yang basa sehingga mencegah timbulnya karat dan kerak.

Tunggu apalagi? Gunakan TOP 1 POWER COOLANT, ada ukuran 500 ml untuk motor kesayangan kamu lho! 

Beli langsung ke TOP 1 Tokopedia sekarang, nikmati promo menarik, gratis ongkir, dan diskon hingga 30% sob!

Rekomendasi untuk kamu: