Jumat, 7 Agustus 2020

3 Fungsi Injektor di Mobil Beserta Manfaatnya

Sistem bahan bakar injeksi atau yang dikenal dengan EFI (Electronic Fuel Injection) merupakan perkembangan dari kendaraan dengan sistem bahan bakar konvensional atau karburator. 

Kerja injektor sendiri berfungsi ketika sistem bahan bakar mendapatkan sensor kerja mesin dari ECU sebagai pengolahan daya dan kontrol kerja.

Komponen ECU akan menerima input data dari berbagai sensor yang nantinya dijadikan dasar kontrol kerja mesin,

Kontrol kerja mesin sendiri berbeda-beda tergantung kapasitas dari mesin itu sendiri. Jadi perlu pemahaman yang baik sebelum merawat injektor. Ketika injektor mendapatkan sinyal tegangan, maka injektor akan terbuka dan menginjeksi ruang bakar.

1. Injeksi Bahan Bakar

Komponen injeksi memiliki tugas utama untuk menyemprotkan kabut bensin ke ruang bakar dengan teknologi komputer ECU. Proses pembakaran di mesin menggunakan 3 elemen utama yaitu udara, bahan bakar, dan pengapian.

Untuk proses pembakaran di mesin juga perlu penakaran dan atomisasi yang akurat guna mendapatkan komposisi bahan bakar dan udara. Sistem kerja juga disulut oleh busi untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.

2. Mengatur Durasi Injeksi

Pengaturan aliran ECU dari injektor berfungsi untuk mengirim arus listrik yang teratur dan akurat. Aliran pulsa dari ECU sangat bervariasi di antara 1 sampai 20 milidetik pada frekuensi 3 - 125 Hz sesuai kebutuhan mesin.

Pelepasan udara untuk bensin ke ruang bakar menjadi hal yang penting agar pengeluaran energi kendaraan lebih optimal.

3. Bekerja Sesuai ECU (Electronic Control Unit)

ECU mengumpulkan informasi dari berbagai sensor di mesin yang berguna mengatur fuel injector. Komposisi solenoid berfungsi membuka tutup jarum yang digerakkan melalui teknologi elektromagnet.

Arus listrik yang dikirim oleh ECU memiliki massa dan waktu yang menyesuaikan sistem mesin. 

BACA JUGA: 3 Penyebab Injektor Mobil Kotor dan Cara Menanganinya

Masalah pada injektor mobil memang terpusat pada endapan yang terletak pada ruang bakar kendaraan. Efek sampingnya adalah performa kendaraan yang melambat serta daya tarik kendaraan yang lemah.

TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP siap rawat sistem ruang bakar mobil kamu dan membersihkan endapan di dalam mesin. Dengan teknologi Generation VI Additive yang sigap menjaga mobil tetap optimal.

Cairan pembersih injektor satu ini juga bisa jadi alternatif cara Tune Up kendaraan yang lebih praktis dan murah, lho!

Dapatkan promo GRATIS satu botol TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP setiap pembelian 4 liter oli TOP 1 ZENZATION atau TOP 1 HP SPORT!

Atau, beli langsung TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP di Tokopedia resmi TOP 1 di sini. Dijamin asli dan banyak diskon menarik!

Sudah pakai TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: