Rabu, 15 Juli 2020

3 Penyebab Injektor Mobil Kotor dan Cara Menanganinya

Mobil merupakan kendaraan yang mampu melakukan berbagai kegiatan yang lebih kompleks dibandingkan motor. Namun, kendaraan satu ini butuh perawatan ekstra agar tetap awet salah satunya dengan perawatan injektor mobil.

Mesin menjadi perhatian khusus untuk menjaga kendaraan tetap bekerja optimal. Ada kalanya umur dan waktu pemakaian yang lama akan mengakibatkan gejala minor.

Injektor mobil menjadi salah satu masalah atau momok di balik turunnya performa kendaraan, sob! Keluhan seperti mobil yang terasa boros serta gejala mesin berisik kerap dialami bila mengalami kerusakan di injektor mobil.

BACA JUGA: 3 Cara Mudah Membersihkan Injektor Mobil yang Baik

Maka dari itu perlu perawatan secara menyeluruh di bagian mesin agar kamu tidak mengalami masalah. Setelah merawat, perlu juga menghindari segala penyebabnya.

Lalu, apa saja penyebab injektor mobil menjadi kotor? Serta, bagaimana cara menanganinya agar kendaraan kembali bekerja optimal?

1. Kualitas Bahan Bakar Buruk

Penyebab pertama adalah kualitas bahan bakar mobil yang buruk. Yap, sejatinya setiap tipe dan pabrikan mobil memiliki kualifikasi minimum atau anjuran pemilihan RON yang tepat.

Di Indonesia sendiri RON berkisar dari angka 88 sampai yang tertinggi di Pertamax Turbo. Pemilihan ini tidak boleh sembarangan karena mobil perlu kualitas dibandingkan kuantitas.

Selain karena RON, bahan bakar memiliki banyak kandungan seperti timbal, belerang, parafin, dan jenis kotoran lainnya yang memicu kerak di injektor.

Unsur serta zat kotor tersebut menjadi awal mula pemadatan di injektor mobil. Dalam pemakaian lama, unsur ini akan mengendap dan membuat mesin mengalami gejala.

Biasanya gumpalan atau kerak akan terbentuk ketika mesin injektor kamu kotor. Efek ini tentu dapat menjalar ke bagian performa kendaraan yang kurang maksimal.

2. Mobil Tidak Dirawat

Punya mobil tapi tidak terawat? Siap-siap mengalami gejala buruk dari kotornya injeksi di mobil kesayangan kamu.

Perawatan mesin wajib dilakukan untuk membersihkan saluran bahan bakar, penggunaan bahan bakar dengan proses tune up di bengkel-bengkel terpercaya.

Semua pabrikan memiliki cara berbeda untuk memanaskan mesin, namun alangkah baiknya tidak langsung menggunakan kendaraan yang baru menyala.

BACA JUGA: 6 Cara Mudah Mencegah dan Menghilangkan Karat di Rangka Motor

Ada beberapa gejala yang bisa kamu rasakan ketika mobil tidak dirawat yang bersumber dari mesin injektor. Kerak yang menggumpal juga disebabkan perawatan yang tidak maksimal, apalagi penggunaan bahan bakar bensin yang tidak sesuai standar.

Kerak dan gumpalan yang tidak dirawat akan membuat kinerja mobil buruk. Langkah satu ini bisa diakali dengan memanaskan mesin terlebih dahulu.

3. Faktor Cuaca dan Lingkungan

Lingkungan dapat menjadi faktor berikutnya mengapa mobil kesayangan kamu memiliki injektor yang kotor. Alasan utama adalah partikel asing atau debu yang lama-kelamaan membuat ruang mesin kotor.

Baik di area SPBU yang kerap berdebu saat proses pengisian bahan bakar atau cuaca yang membuat beberapa benda asing ke bagian mesin kendaraan seperti banjir atau hujan.

Lingkungan yang terlalu kering atau berdebu bisa menyusup ke sisi injektor. Tentu hal ini merugikan apalagi tanpa penganan yang khusus, sob!

Maka dari itu, pastikan kendaraan kamu tetap terjaga dengan melakukan penanganan secara khusus. Untuk membersihkan injektor kamu bisa menggunakan cairan pembersih injektor, lho!

Cairan pembersih injektor bisa digunakan saat sebelum mengisi bahan bakar bensin secara penuh di mobil kamu. Cara kerjanya pun cukup mudah karena formula satu ini bekerja saat ruang pembakaran mulai panas.

TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP bisa jadi salah satu cara mudah tune up mobil kesayangan kamu! Teknologi Generative IV Addictive mampu membersihkan kerak di injektor mobil secara menyeluruh.

Sisi yang kotor juga akan bersih tanpa ada noda tersisa yang membuat mobil menjadi nyaman, cepat, dan mampu bekerja lebih baik!

Tunggu apalagi? Coba TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP sekarang di bengkel kesayangan dan rasakan sensasi berkendara mobil sport hingga 5.000 kilometer!

Atau beli secara online dan mudah di TOP 1 Store di Tokopedia di sini! Nikmati diskon hingga 30%, gratis ongkos kirim, dan produknya terjamin asli!

Kamu sudah pakai TOP 1, kan?

Rekomendasi untuk kamu: