Rabu, 15 Juli 2020

3 Cara Mudah Membersihkan Injektor Mobil yang Baik

Memiliki mobil bukan perkara mudah, karena selain perlu memahami apa saja isi dari mobil tersebut dibutuhkan juga cara merawat kendaraan. Membersihkan injektor mobil merupakan salah satu cara untuk merawat mesin.

Meski demikian, mobil memiliki ratusan komponen yang tidak akan dimengerti oleh semua orang. Maka dari itu banyak bengkel atau montir yang siap menyelesaikan masalah di kendaraan kamu.

Baik dari mesin kendaraan, bagian ban, turunnya performa, fungsi kendaraan yang mulai rusak, dan lain sebagainya.

Perawatan mobil penting? Sangat penting dan dianjurkan!

Mau kendaraan kamu mogok di tengah jalan atau rusak di saat yang genting? Tentu tidak, bukan?

Lantas, perawatan menjadi segmen yang perlu dipahami oleh pemilik kendaraan. Minimal kamu tahu penanganan awal dalam beberapa kasus seperti mengganti mobil yang kempes.

Untuk mesin akan sulit karena butuh pengalaman para ahli kendaraan. Masalah mesin juga bermacam-macam, salah satunya adalah injektor mobil yang sudah usang atau tidak terurus.

BACA JUGA: Kelebihan Honda BRV: Oli, Teknologi dan Spesifikasi

Apa saja penyebab serta cara menangani injektor mobil yang rusak? Berapa harga atau uang yang harus digunakan untuk menangani hal sedemikian rupa? Berikut 3 cara mudah membersihkan injektor mobil!

1. Deteksi Dini Masalah Injektor

Punya masalah dengan injektor? Kamu tidak harus membongkar mobil kamu untuk mengeceknya, lho! Caranya cukup mudah yaitu dengan merasakan tarikan serta performa mobil.

Injektor yang kotor akan memberikan beberapa dampak seperti pemakaian bensin yang sangat boros disertai gejala mesin.

Tidak jarang, mesin mobil kadang sulit dinyalakan dan perlu melakukan proses pemanasan mesin yang cukup kuno. Suara kasar di dalam mesin juga bisa menjadi indikasi pertama injektor yang kotor.

Jadi cara pertama untuk menangani injektor kotor adalah pengecekan dini atau secara berkala. Pastikan tidak ada efek samping atau gejala serius ketika menggunakan mobil di aktivitas sehari-hari.

2. Menggunakan Peralatan Khusus

Untuk tahap ini, kamu sepertinya tidak mengenal atau kaget karena ada kerusakan serius di bagian mesin mobil. Injektor yang kotor akan memperlambat kinerja mesin dan membuat beberapa komponen bekerja tidak optimal.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah pergi ke bengkel resmi dengan teknologi pembersih injektor. Beberapa metode bisa digunakan untuk mobil kamu yang kurang bersih di sela-sela pipa atau mesin.

Biasanya, pihak bengkel memiliki alat pembersih injektor dengan teknologi ultrasonic. Bengkel mematok harga yang tidak murah untuk sekali pakai yaitu di rentang harga Rp 300 ribu sampai dengan Rp 400 ribu.

BACA JUGA: 9 Penyebab Bunyi Rem di Mobil Matic dan Cara Mengatasinya

Tergantung juga kerusakan yang didapatkan di mobil, apakah sudah di tahap serius atau masih dapat ditanggulangi dengan alat tersebut.

3. Memakai Cairan Pembersih Injektor

Cara terakhir dan mudah berikutnya adalah menggunakan cairan pembersih injektor. Ada berbagai macam tipe cairan pembersih injektor di pasaran, baik berupa spray atau semprotan hingga cairan.

Untuk yang cairan semprot atau spray membutuhkan ilmu dari para tenaga ahli, sob! Jadi kamu tidak bisa sembarangan melakukannya tanpa arahan sang ahli, alih-alih demikian mobil kamu bisa mengalami kerusakan tambahan.

Lalu yang terakhir adalah cairan yang biasa dituangkan ke tangki bahan bakar saat pengisian mobil.

Cara kerja cairan tersebut bermula di sistem pembakaran dan mengikis kotoran lalu disedot ke injektor yang kemudian membersihkan mesin secara keseluruhan.

Tapi produk cairan pembersih injektor apa yang tepat dan direkomendasikan?

TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP memiliki teknologi Generation IV Additive yang berfungsi meningkatkan kinerja mesin dan merawat injektor mesin mobil kamu!

Formula cairan pembersih injektor satu ini juga sudah disesuaikan dan dapat kamu andalkan untuk membersihkan injektor mobil dengan mudah dan cepat.

Cukup tuang sesuai takaran sebelum mengisi penuh bensin mobil kamu, sob!

Jangan tunggu rusak! Rawat injektor mobil kamu dengan TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP! Terpercaya kualitasnya, teruji formulanya!

Beli secara online di TOP 1 Store Tokopedia di sini!

Ada diskon menarik hingga 30%, promo gratis ongkir dan kualitas produk dijamin asli!

Yuk, mulai beralih ke TOP 1!

Rekomendasi untuk kamu: