Rabu, 15 Juli 2020

6 Cara Mudah Mencegah dan Menghilangkan Karat di Rangka Motor

Motor memiliki beragam material yang perlu perawatan guna menjaga umur kendaraan tetap awet. Ada beragam komponen, seperti besi, plastik, mika, kaca, dan lain sebagainya.

Namun satu masalah yang paling banyak mendera pengendara dan kendaraannya adalah karat. Besi memiliki karat terjadi karena persinggungan logam (Fe) dengan udara (O2) dan air (H20) yang bereaksi.

Jadi, udara lembab, banjir atau genangan bisa menjadi awal mula munculnya karat. Yang menjadi masalah adalah letak karat yang tidak terlihat.

Bisa saja karat berada di sasis atau rangka sepeda motor kamu, sob! Bagaimana cara menghilangkan dan mencegahnya?

Yuk, simak 6 cara mudah menghilangkan karat di rangka sepeda motor!

1. Cuci Secara Berkala

Perawatan dan pencegahan pertama guna menghindari rangka atau sasis sepeda motor yang berkarat adalah mencuci secara berkala. Yap, membersihkan motor membantu peremajaan dan perawatan dari debu.

Sepeda motor yang dicuci secara berkala mampu meningkatkan daya rekat, durabilitas, serta warna motor.

Motor kamu akan kusam bila tidak dicuci secara berkala, bahkan mengalami retakan di beberapa sisi.

Sabun cuci motor juga memiliki fungsi tersendiri, jadi bagi kamu yang ingin merawat sepeda motor rajin-rajin cuci kendaraan, ya!

2. Bongkar Bodi Bila Perlu

Hal yang paling jarang dilakukan namun dibutuhkan bila ingin mencegah terjadinya karat di beberapa komponen. Untuk membongkar bodi kendaraan seperti sepeda motor memang membutuhkan banyak waktu.

Namun hal ini penting mengingat sisi sasis kendaraan tidak dapat terlihat karena bodi yang tebal. Meski demikian untuk poin ini berlaku bagi motor yang memiliki umur pemakaian yang lama.

Atau, motor yang baru saja terendam banjir sebaiknya dibongkar dan dicuci guna mengecek hingga kebagian terdalam.

Siapkan juga baut hingga orang yang paham mengenai motor untuk memeriksa sisi sasis. Untuk itu, perhatikan segala komponen yang tersambung agar segi kelistrikan tetap berfungsi optimal.

3. Pengecekan Sendi Rangka

Sendi rangka motor atau sasis memiliki sisi yang vital, salah satunya bagian pencekram fork atau sisi depan rangka kendaraan. Hal ini menjadi perhatian karena karat bisa saja merusak rangka kendaraan.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Menghilangkan Karat di Besi Motor

Selain itu cek segala sisi kendaraan yang menyangkut dan menyangga rangka kelistrikan. Kamu bisa melakukan ini secara berkala, sob!

Cukup pastikan sendi rangka tidak memiliki masalah atau rangka yang mulai terlihat kotor, maka bersihkan secara rutin.

4. Atur Bobot Kendaraan

Masalah ini jarang ditemukan di pabrikan motor baru, namun untuk produksi tahun 2000-an rasanya perlu paham betul akan kapasitas kendaraan.

Gaya atau desain motor hatchback atau bebek cukup memadati model satu ini dengan sasis yang tidak terlalu kuat.

Jadi tahan atau atur rangka kendaraan agar memiliki struktur sasis yang tetap aman meski digunakan untuk waktu yang cukup lama.

5. Aturan Pemakaian

Pemakaian berkala akan menjadi masalah bila diforsir tanpa ada jeda penggunaan. Pada dasarnya motor juga memiliki jarak tempuh yang dianjurkan agar kondisinya tetap optimal.

Motor yang digunakan untuk kondisi tidak menentu serta diperparah bobot dan jarak perjalanan yang jauh akan terforsir dari waktu ke waktu.

BACA JUGA: Kisah Sukses TOP 1 Jadi Inspirasi Logo Beberapa Produk dan Sektor Usaha!

Jadi pastikan kondisi kendaraan kamu tetap prima dengan mencuci, cek sasis, dan menjaga bobot kendaraan.

Bukan tidak mungkin karat akan memberikan efek buruk dengan retak di beberapa sisi rangka sepeda motor.

6. Gunakan Cairan Penghilang Karat

Sudah rutin membersihkan rangka sepeda motor, namun karat kerap muncul? Mungkin kamu perlu perlindungan ekstra dengan beragam alat atau cairan penghilang karat.

Berbeda dengan cairan biasa, kandungan cairan penghilang karat juga memberikan efek perawatan di permukaan bensin dengan menjaga kadar viskositasnya.

Material besi juga tetap kuat menahan bobot kendaraan yang dianjurkan untuk waktu yang lebih lama dengan perawatan melalui cairan.

Jangan tunggu karat muncul, mulai rawat sepeda motor kamu sekarang sebelum adanya kerusakan di sasis kendaraan, sob!

TOP 1 RUST GUARD 80 siap melindungi dan menjaga struktur besi kendaraan kamu! Memberikan kekuatan dan menjaga lapisan serta membersihkan karat lebih efektif dan pastinya ga ribet!

Coba produk ini sekarang! Beli di TOP 1 Store Tokopedia di sini!

Nikmati beragam promosi menarik, diskon hingga 30% dan kualitas produk yang dijamin asli!

Rekomendasi untuk kamu: