Selasa, 17 November 2020

4 Alasan Pentingnya Oli Persneling pada Kendaraan

Persneling atau nama lain dari girboks, merupakan sistem roda gigi dan hidrolik yang menghantarkan tenaga mekanis dari penggerak ke roda dengan kecepatan yang lebih rendah, namun gaya putarnya lebih tinggi.

Sistem tersebut juga memungkinkan pergantian perbandingan dari kecepatan tenaga atau arah putaran.

Dalam mobil, ada persneling manual dan otomatis. Manual artinya para pengendara dapat mengganti gigi dengan bantuan tangkai yang sudah disediakan. 

Sistem ini lebih murah, ringan dan biasanya memiliki kinerja lebih baik serta memakan sedikit bahan bakar.

Sedangkan untuk persneling otomatis, lebih mudah ketika digunakan, biasanya kita temukan pada mobil produk Amerika Serikat. Selain itu, ada pula sistem persneling semi-otomatis, yakni jika tangkai pengganti gigi, digerakkan oleh komputer.

Berikut merupakan beberapa alasan penting, kenapa oli persneling harus diganti.

1. Menjaga Komponen Mesin Agar Tidak Mudah Rusak

Oli persneling atau transmisi merupakan pelumas penting bagi mesin kendaraan. Fungsi oli ini mampu mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh gesekan yang terjadi antara beberapa komponen berbahan logam yang ada di mesin mobil.

2. Meningkatkan Kinerja Mesin

Selain pelumas mesin, oli persneling juga memiliki fungsi lain, yakni guna membantu mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan kalian. 

Oli persneling yang tidak diganti akan terlihat semakin kental, dan menghitam , sehingga fungsi oli sebagai pelumas komponen mesin akan menurun, dampaknya akan mengganggu kinerja mesin.

Dengan begitu, suara mesin akan terdengar jadi lebih "kasar", sulit untuk di-starter atau dinyalakan, kemudian keluar asap tebal dari knalpot kendaraannya.

3. Mencegah Mesin Terkontaminasi Kotoran

Oli persneling yang sudah lama tidak diganti, dapat menyebabkan oli jadi kental serta kotor. Hal tersebut dapat membuat komponen bagian dalam transmisi mobil jadi rusak. Oli yang dibiarkan terlalu lama di dalam kendaraan, bisa membuat mesin bekerja secara berlebihan, sehingga berpotensi muncul karat.

4. Mencegah Terjadinya Turun Mesin

Mengganti oli persneling sebelum berkendara jauh, mampu mengurangi potensi terjadinya turun mesin atau mogok. Komponen yang ada di dalam mesin adalah logam yang saling bergesekan, seandainya oli kurang, kemungkinan besar mesin tersebut tidak akan berfungsi sama sekali.

Selain itu, persneling atau transmisi otomatis hadir dengan menawarkan kemudahan bagi para pengendaranya. Simbol yang ada di tuas transmisi pada masing-masing mobil ada perbedaannya. Apa saja kodenya?i7

5. Kode di Tongkat Persneling Otomatis

D (Drive)

Para pemilik mobil matic pasti familiar dengan kode tersebut. Posisi ini digunakan untuk menjalankan mobil. Kalian hanya perlu menggeser tangkai persneling ke posisi D, maka komputer akan mengatur perpindahan gigi tersebut.

N (Neutral)

Posisi ini digunakan seandainya mobil berhenti cukup lama, contohnya saat macet. Dalam posisi ini, putaran mesin serta transmisi tidak saling terhubung. Tidak jauh berbeda dengan manual, pengoperasiannya cukup menggeser tangkai ke posisi simbol N.

R (Reverse)

Baik pada transmisi manual atau otomatis, fungsinya sama. Digunakan pada saat kalian hendak memundurkan mobil. Sebelum memindahkan gigi mundur di transmisi otomatis, sebaiknya injak pedal rem terlebih dahulu.

P (Park)

Kode ini sama dengan N, akan tetapi berfungsi pada saat mobil diparkir dengan kondisi mesin dimatikan. Dalam posisi parkir, transmisi atau persneling akan dikunci sehingga mobil tidak dapat bergerak sama sekali.

Itulah pentingnya persneling pada kendaraan serta apa yang akan terjadi jika olinya tidak pernah diganti. 

Oli persneling yang baik untuk kendaraan juga diperlukan sob! Biar mobil kesayangan kamu memiliki daya gerak yang mulus dan mampu berkendara lebih aman dan tentunya optimal.

TOP 1 SYNTHETIC GEAR OIL memiliki formula khusus yang menjaga daya gerak transmisi kendaraan tetap stabil, tidak lupa kandungan atau bahan oli sintetis yang tinggi.

Perputaran dan manuver kendaraan akan lebih mudah dilakukan dan tentunya, tanpa adanya rasa berat. Perpindahan gigi juga lebih mulus dan nyaman digunakan.

Ada berbagai tipe yang cocok untuk kendaraan kamu, baik transmisi manual maupun otomatis, tentunya dengan spesifikasi yang pas!

BACA JUGA: Apa Arti Viskositas di Oli Mesin? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Tunggu apalagi? Ganti langsung oli kendaraan kamu di bengkel kesayangan dengan produk TOP 1 sob!

Atau mau ganti oli sendiri? Bisa kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: