Rabu, 21 Oktober 2020

Apa Arti Viskositas di Oli Mesin? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Apabila kita berbicara perihal perawatan mesin, kita tentu tidak bisa menyepelekan pentingnya peran sebuah pelumas atau oli. Karena ternyata, oli memiliki fungsi ekstra, yaitu sebagai pencegah karat, sampai dengan media penjaga suhu mesin. 

Cukup disayangkan masih banyak pemilik kendaraan yang menghiraukan hal tersebut. Ini kian diperparah dengan kemunculan pengguna mobil baru yang masih awam dalam urusan teknik.

Sehingga, mereka jadi terpengaruh dengan beberapa potongan promosi iklan oli yang bisa saja malah terjerumus dalam kesalahan.

Salah satu kesalahan yang cukup umum adalah perbedaan viskositas atau kekentalan oli pengganti dengan rekomendasi oli standar. 

Meskipun, penggantian oli dengan viskositas berbeda tidak terlalu merugikan, tapi tetap saja, seharusnya tidak dilakukan.

Apa Itu Viskositas Oli?

Viskositas adalah nilai kekentalan dari oli. Ini disimbolkan dengan angka. Semakin tinggi angkanya, semakin kental pula olinya. 

Oli yang beredar luas di pasaran saat ini terdiri dari dua jenis tingkat kekentalan, ada kekentalan tetap (single-grade), dan kekentalan dinamis (multi-grade).

Yang berperan dalam perubahan kekentalan oli adalah suhu oli. Oli single-grade memiliki nilai kekentalan yang tetap, baik itu saat di suhu oli rendah maupun tinggi. Sedangkan oli multi-grade, memiliki kekentalan yang berbeda, baik itu ketika suhu oli rendah, maupun tinggi.

Oli jenis single-grade seringkali ditemukan pada oli transmisi dan mesin 2-stroke. Sementara untuk oli multi-grade secara umum seringkali ada pada oli mesin.

Cara Mengetahui Viskositas Oli

Viskositas, atau kekentalan dari oli bisa kita ketahui pada kode yang tercantum di kemasannya. Biasanya kode yang tertera di botol adalah SAE 10W - 30, 10W - 40, 20W - 40 dan 20W -50. Kode ini menandakan tingkat kekentalan oli, sehingga kalian dapat memilih sesuai kebutuhan mesin mobil.

Semakin kecil angkanya, berarti oli tersebut semakin encer. Sedangkan huruf “W” pada kode, diartikan sebagai winter atau musim dingin. 

Contohnya, apabila ada oli dengan kode 5W - 30, maka oli itu memiliki tingkat kekentalan 4 pada suhu dingin, kemudian angka 30 berarti oli ini memiliki tingkat kekentalan mencapai 30 pada suhu 100 derajat celcius.

Semakin kecil angka indeks SAE, oli akan semakin cair. Dengan begitu, kemungkinan oli membeku atau mengeras pada suhu rendah bakal semakin kecil. 

Hal ini sangat berguna pada saat mesin mobil dinyalakan pada suhu dingin, seperti ketika musim salju di benua Eropa atau Amerika.

Sedangkan untuk cuaca panas, dibutuhkan oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi lagi, seperti halnya 15W - 30. Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan suhu negara dapat menyebabkan kinerja oli jadi tidak maksimal.

Contohnya, oli SAE 5W - 40 digunakan di Indonesia, yang mana termasuk sebagai negara tropis, maka oli akan sangat cair dan kesulitan untuk melakukan lubrikasi dengan benar.

BACA JUGA: 8 Waktu yang Disarankan untuk Ganti Oli Mesin Mobil

Akan tetapi, selain dilihat dari suhu lingkungan, ada lagi satu hal yang harus diperhatikan. Mobil-mobil baru, disarankan untuk menggunakan oli yang cair, agar lebih maksimal.

Kode SAE serta API di Mesin Bensin - Diesel

Selain SAE, ada juga kode API (American Petroleum Institute), merupakan oli mesin bensin yang diawali dengan huruf “S”. 

Sementara untuk oli mesin diesel, diawali dengan huruf “C”. Setelah huruf tersebut, huruf abjad keduanya akan diikuti dengan SA, SB, SC, SD dan seterusnya sesuai abjad. Huruf abjad kedua bisa kita artikan sebagai mesin mobil yang lebih modern.

Jangan sampai telat mengganti oli mesin karena banyak efek yang bisa disebabkan, yang terburuk adalah turun mesin karena gesekan yang terus berlaku di komponen kendaraan.

BACA JUGA: Rekomendasi Merk Oli Mesin Mobil Diesel

Oli mesin yang baik untuk kendaraan juga diperlukan sob! Biar mesin kendaraan kesayangan kamu memiliki performa kendaraan yang mulus dan mampu berkendara lebih optimal dibandingkan sebelumnya.

Pelumas mesin TOP 1 memiliki formula khusus yang menjaga mesin kendaraan tetap stabil, tidak lupa kandungan atau bahan oli sintetis yang tinggi.

Ada juga fungsinya dalam membersihkan mesin dari kotoran sehingga tarikan motor matic kesayangan kamu jadi lebih mulus!

Tunggu apalagi? Ganti langsung oli kendaraan kamu di bengkel kesayangan dengan produk TOP 1 sob!

Atau mau ganti oli sendiri? Bisa kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: