Senin, 10 Agustus 2020

4 Bagian Mobil yang Paling Mudah Berkarat, Apa Saja?

Karat, mungkin bagi pemilik kendaraan hal ini merupakan kondisi yang tidak diharapkan. Karena berbagai penyebab dari karat bisa saja terjadi, termasuk saat menerjang hujan atau banjir.

Dari kondisi yang biasa saja sampai yang paling klinis bisa saja terjadi karena karat. Ada beberapa lokasi atau bagian mobil yang kerap menjadi tempat karat, apa saja dan di mana lokasi tersebut?

1. Kolong Mobil

Kolong mobil menjadi masalah yang panjang bila tidak ditangani secara berkala. Pada bagian kolong mobil terdapat berbagai kondisi mesin yang vital, salah satunya bagian pipa.

Pipa yang berkarat bisa menjadi kendala bagi kamu yang beraktivitas cukup sering. Mobil akan bereaksi dengan panas dalam penggunaan yang lama, apalagi bagian kolong mobil rawat terpapar air.

Kondisi karat sendiri tercipta ketika besi (Fe) mengalami korosi atau proses oksidasi dari air (H2O) dan udara (O2). Pada waktu yang lama, karat dapat menciptakan banyak pengurangan performa seperti rusaknya spare part kendaraan.

2. Knalpot Mobil

Selain kolong mobil, knalpot merupakan salah satu bagian mobil yang rawan terkena karat. Dari bahan-bahannya yang berpusat pada penggunaan material besi tentu karat bisa menyerang kapan saja.

Knalpot juga seperti kolong mobil yang menjadi landasan kotoran atau debu jalanan. Pada kasus terparah, bisa saja genangan air atau banjir hingga hujan bersarang di knalpot.

BACA JUGA: 7 Ciri-ciri Master Rem Mobil Rusak dan Perawatannya

Hal ini menjadi kendala, apalagi kebutuhan knalpot sangat vital untuk pengeluaran gas buang dari ruang bakar kendaraan.

3. Mesin Mobil

Mesin mobil bisa menjadi masalah meski tertutup, faktornya bermacam-macam baik dari kotoran yang tidak terurus, mobil yang digunakan secara intensif, hingga cairan kimia yang digunakan.

Beberapa kasus terjadi, seperti air radiator yang menggunakan sembarang air sehingga terjadi korosi di dalam mesin. Sebaiknya menggunakan cairan khusus seperti TOP 1 Power Coolant guna menjaga kondisi dalam mesin tetap baik.

Untuk kondisi di luar bisa saja terjadi karena minimnya perawatan atau membersihkan bagian kendaraan dengan cuci mobil berkala atau cairan khusus penghilang karat.

4. Bumper Mobil

Yap, rupanya selain bagian mobil di kolong dan knalpot tentu bumper mobil juga bisa menjadi lahan bersarangnya karat. Penyebabnya tidak lebih dari proses pembersihan yang kurang, apalagi karat perlu perhatian yang khusus.

Karat menjadi kendala bagi kamu yang jarang melakukan pembersihan, apalagi kebutuhan mobil yang intensif di jalan penuh debu dan air. Apalagi beberapa medan jalanan yang memang memiliki kontur buruk.

Bumper mobil juga menjadi bagian pelindung kendaraan untuk menjaga dari tabrakan, gesekan di bagian depan atau belakang, hingga benturan pada dinding.

Perawatan yang baik dari karat bisa dilakukan dengan beberapa tahap, baik pencegahan maupun penanganan secara berkala.

TOP 1 RUST GUARD 80 berguna untuk merawat kendaraan dari karat dengan biaya yang sangat murah namun hasil berkualitas. Cukup melakukan penyemprotan guna membuat lapisan besi lebih kuat dan awet.

Cairan penghilang karat ini diformulasikan untuk melindungi, menembus, melonggarkan, dan membersihkan bagian yang berkarat dengan sambungan logam yang meninggalkan karat.

Cairan anti korosi untuk teknologi pelumasan tinggi hingga penghambat korosi bisa menjadi aksi pelumasan sempurna hingga ke bagian internal besi.

Solusi karat bermasalah? Percayakan pada TOP 1 RUST GUARD 80! Temukan di bengkel-bengkel terdekat atau beli langsung di toko resmi TOP 1 di sini!

Banyak diskon, promo gratis ongkir, hingga kualitas produk yang terjamin asli. Belanja nyaman, ga pake khawatir sob!

Rekomendasi untuk kamu: