Senin, 3 Agustus 2020

7 Ciri-ciri Master Rem Mobil Rusak dan Perawatannya

Rem mobil merupakan salah satu bagian yang penting untuk menunjang keselamatan berkendara. Bagian lainnya seperti master rem mobil yang rusak perlu dibenahi secepat mungkin.

Master rem sendiri berfungsi sebagai penggerak kaki pengemudi pada bagian pedal rem. Proses ini melalui tekanan hidrolik yang mengantarkan gerakan ketika diinjak oleh pengendara.

Namun bila proses pengantar hidrolik rusak, maka akan memberikan efek buruk seperti rem yang kurang pakem, atau bunyi berisik di sekitar area pedal.

Lantas, perlu perawatan agar menjaga performa rem tetap berfungsi optimal. Apa saja itu? Kenali yuk, ini dia 7 ciri-ciri master rem mobil rusak!

1. Rem Mobil Tidak Pakem

Memiliki rem master yang kurang optimal akan memiliki efek samping yang beragam, salah satunya adalah rem tidak pakem. Butuh beberapa kali hingga rem berfungsi dengan baik, namun hal ini sangat berbahaya.

Karena rem yang tidak pakeM akan membahayakan di beberapa kondisi. Kebutuhan rem yang pakem di jalanan padat sangat penting agar kamu terhindar dari kecelakaan.

Cek rem mobil ke bengkel terdekat karena gejala ini sangat berbahaya, sob!

2. Seal Master Rem Rusak

Minyak rem merupakan komponen penting guna memacu tarikan tuas rem sebagai alat penghenti daya gerak roda. Bentuk dari seal master yang sudah rusak akan terlihat dari aus serta bekas gesekan membentuk garis.

Kondisi ini juga diperparah dengan minyak rem yang bocor atau menetes karena seal master rem sudah mengambang.

3. Dinding Rem Berkarat

Dinding bagian dalam master rem mobil berfungsi untuk menjaga sistem pengereman agar bekerja dengan aman tanpa ada kotoran yang masuk. Namun, bila bodi master rem berkarat maka akan ada celah.

Celah ini dapat mengundang debu yang pada akhirnya memperlambat sistem pengereman dengan gumpalan lumpur atau debu. Lumpur sendiri tercampur dari debu dan rembesan minyak rem.

BACA JUGA: 9 Penyebab Bunyi Rem di Mobil Matic dan Cara Mengatasinya

Hal ini dapat merugikan dalam jangka waktu pendek sekalipun karena sistem rem terhambat. Biasanya akan ada gejala seperti rem yang kurang pakem, berisik, atau tetesan di bawah mobil pada sepanjang jalan yang dilalui.

4. Rem Mobil Ngempos

Apa itu ngempos? Merupakan istilah rem yang pedal remnya tertekan terus menerus hingga mentok ke lantai mobil tanpa kembali ke posisi semula.

Efek samping dari master rem mobil yang rusak ini bermula dari seal master rem yang rusak di dua bagian yaitu piston dan 2 bagian rem.

Kerusakan yang diakibatkan dengan rusaknya master seal rem berimplikasi pada rem yang tidak berfungsi dengan baik.

5. Tekanan Rem Berkurang

Selain karena master rem membutuhkan komponen yang prima, biasanya ada ciri utama ketika master rem mobil rusak seperti tekanan yang berkurang.

Meski sudah melakukan injakan rem, namun daya tahan yang dihasilkan sangat kecil sehingga kurang bekerja dengan baik. Kebutuhan rem yang pakem tidak dapat ditawar lagi karena berimbas pada keselamatan pengendara.

6. Bunyi Berisik

Ada bunyi atau suara yang berisik di dalam bagian master rem mobil karena kendala terjadi dari rusaknya seal master rem atau adanya kebocoran. Biasanya kebocoran ini bersumber dari umur yang sudah tua.

Selain umur, ada banyak faktor lain seperti debu yang bercampur dengan minyak rem yang bocor sehingga membentuk gumpalan lumpur.

Gumpalan lumpur akan menghambat kinerja rem mobil dengan tarikan atau tuas yang tertahan dan membuat kinerja pengereman bekerja kurang optimal.

7. Minyak Rem Rembes

Ciri-ciri terakhir dari rusaknya master rem mobil adalah minyak rem yang rembes atau sering berkurang. Jumlah yang sudah diganti mulai berkurang meski kualitas rem bagus atau tidak mengalami keausan.

Faktanya, hal ini diakibatkan rusaknya seal master rem sehingga memberi ruang untuk bocornya tampungan minyak rem.

Lantas, hal ini berimbas pada volume minyak rem yang berkurang dengan cepat. Selain itu, minyak rem yang aus juga memiliki faktor menjaga kesehatan seal rem.

Minyak rem berkualitas akan meredam panas dan melindungi komponen rem dengan baik. Jadi, pastikan rawat kendaraan kamu dan gunakan minyak rem berkualitas ya, sob!

TOP 1 BRAKE FLUID DOT 3 memiliki titik didih yang tinggi serta minim aus saat digunakan di berbagai kondisi. Kandungan sintetisnya juga menjaga daya tarik rem bekerja dengan baik, loh!

Gunakan TOP 1 BRAKE FLUID sekarang di bengkel atau toko kesayangan kamu ya!

Atau, beli di toko online resmi TOP 1 Store Tokopedia di sini! Ada beragam diskon menarik hingga 30%, promo gratis ongkir dan keaslian produk terjamin, lho!

Tunggu apalagi? Pakai TOP 1 mulai hari ini!

Rekomendasi untuk kamu: