Rabu, 26 Februari 2020

4 Ciri-Ciri Oli Shockbreaker Wajib Diganti Serta Cara Merawatnya

Shockbreaker atau pegas merupakan salah satu komponen penting ketika berkendara. Hal ini dibutuhkan bagi para pengendara yang ingin selamat baik dalam keadaan jalan yang rusak maupun stabil.

Fungsi shockbreaker sendiri sebagai peredam benturan dan meminimalisir kerusakan dari keseluruhan komponen. Hal ini penting mengingat banyak komponen motor yang ringkih dan vital.

Tentu oli menjadi fungsi utama bagi shockbreaker, selain membersihkan dan menjaga dari partikel asing. Oli shockbreaker juga menjaga performa pegas motor di segala fungsinya. Bagaimana cara mengetahuinya?

1. Menekan Suspensi

Cara yang paling awal dalam mengecek kinerja shockbreaker kamu adalah dengan menekannya. Bila respon yang diberikan cepat dan kembali ke posisi semula, maka bisa dipastikan seal shockbreaker mengalami kerusakan.

Kinerja suspensi yang benar adalah kembali ke posisi semula dengan perlahan. Hal ini menandakan daya tahan benturan yang optimal untuk kendaraan.

2. Mengecek Seal Shock

Langkah kedua yang lebih simpel lagi yaitu dengan mengecek seal shock di shockbreaker bagian depan. Apakah ada rembesan oli yang menempel atau tidak, bila ada maka dipastikan seal shock perlu diganti.

Bila dibiarkan maka pantulan seal shock akan terasa keras dan kurang empuk. Hal ini disebabkan karena tabung oli shockbreaker di tabung berkurang.

3. Tes Kinerja Kendaraan

Hal yang paling terasa tentu dengan berkendara langsung. Cobalah melewati jalan yang rusak atau kasar maupun halus. Indikasi pertama bila shockbreaker mengalami kerusakan adalah daya pantul yang buruk.

Bila daya pantulan terasa cepat dan intensif maka kondisi shockbreaker kurang optimal. Seharusnya shockbreaker akan meredam getaran motor baik di posisi jalan yang rusak maupun halus.

4. Kendaraan Tidak Seimbang

Indikasi terakhir yang akan terasa bila berada di posisi berkendara adalah pengecekan rem. Bila kendaraan terasa berat sebelah dan kurang stabil saat melakukan rem maka kemungkinan ada satu suspensi yang bocor.

Hal ini penting mengingat banyak kecelakaan yang berakibat pada kualitas rem yang buruk. Maka, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi yang optimal di segala lini, baik shockbreaker, rem, mesin, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Pilihan Oli Terbaik dan Cocok Untuk Honda Blade 125 FI

Cara merawat motor tentu dengan meningkatkan daya lumas dan kinerja yang maksimal. Gunakan produk Fork Oil dari TOP 1 sekarang. Dilengkapi dengan berbagai macam standar Amerika Serikat, bersertifikasi FIM dan memiliki beragam kelebihan, seperti:

-Memberikan perlindungan dengan tingkat VI yang tinggi

-Kompabilitas dengan seal suspensi

-Menjaga benturan dan melumasi secara menyeluruh

Tunggu apalagi, pastikan produk TOP 1 melumasi kendaraan kamu. Kunjungi bengkel terdekat atau toko online resmi TOP 1 Store sekarang!

Rekomendasi untuk kamu: