Minggu, 27 September 2020

4 Gejala Injektor Mobil Rusak dan Penyebabnya

Gejala injektor rusak seringkali masih belum diketahui oleh banyak para pengguna mobil.

Mungkin karena penggunanya kurang memperhatikan kondisi mobil, sehingga tidak tahu bagaimana gejala injektor pada saat rusak atau mengalami kerusakan.

Injektor ini berfungsi sebagai penyuplai bahan bakar dari tanki secara terhitung maupun berkala pada intake manifold.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang membuat injektor tersebut jadi rusak, dan ini sangat wajib untuk kalian ketahui.

Sebelum kalian hendak memastikan injektor, ada baiknya memeriksa terlebih dahulu tekanan bahan bakar, kalian dapat menggunakan gasoline fuel tester. 

Seandainya tekanannya normal, maka fuel pump pasti dalam keadaan normal pula. Berikut ini merupakan beberapa gejala injektor rusak yang harus kalian ketahui.

1. Mesin Sulit Dinyalakan

Ini adalah gejala awal pada saat mengalami kerusakan pada injektor mobil, yakni mesin akan sulit untuk dihidupkan.

Gejala tersebut muncul pada saat bensin yang disuplai dari injektor  kurang dari jumlah idealnya, sehingga terjadilah campuran yang kurus.

Akibatnya, mesin sulit dihidupkan atau start pada saat dihidupkan dalam keadaan dingin, karena bensin tersebut mengendap pada dinding intake manifold. 

Gejala kesulitan untuk dihidupkan ini memang dapat menunjukkan cukup banyak masalah, untuk masalah yang kalian alami tersebut, bisa dipastikan dengan memeriksa kondisi busi yang digunakan.

Apabila pengapian tidak bermasalah, maka penyebabnya terletak di sistem bahan bakar.

2. Mesin Sering Mati Mendadak 

Gejala injektor rusak selanjutnya adalah pada saat kondisi injektor semakin parah, maka imbasnya dapat kita rasakan pada solenoid yang kadang terbuka dan kadang  juga tertutup. Ketika solenoid tertutup, maka sama saja memutus aliran bahan bakar.

Dengan begitu, meskipun pada mulanya mesin mulus, suatu waktu bisa saja langsung mati secara mendadak.

Sekalipun mesin tersebut dapat bekerja kembali setelah kita hidupkan, namun tetap saja mesin akan mati beberapa saat kemudian.

3. Asap Knalpot Terlihat Lebih Pekat

Kemudian, seandainya injektor mengalami kerusakan, asap knalpot akan terlihat begitu pekat. Asap knalpot yang baik tidak berwarna, karena menunjukkan pembakaran mesin yang  lebih sempurna.

Sedangkan ketika injektor jebol atau tidak bisa rapat, maka suplai bensin bakal terus berlangsung, sehingga menyebabkan campuran yang kaya.

Dengan begitu, asap akan terlihat berwarna hitam pekat, disertai dengan bau bensin menyengat dari knalpot.

4. Mesin Tidak Dapat Dihidupkan

Gejala injektor rusak yang bisa kita temukan selanjutnya adalah mesin tidak bisa dihidupkan sama sekali atau mogok. Apabila injektor sudah benar-benar rusak, maka sudah tidak bisa lagi mengeluarkan bensin.

Dengan begitu, pada saat kita mencoba untuk menghidupkan mobil tersebut, sama sekali tidak akan menyala. 

Kejadian mesin mogok ini memang bisa menandakan banyak hal. Apabila kerusakan terjadi pada bagian injektor, maka kalian perlu memeriksa apakah bensin sampai ke ruang bakar atau tidak.

BACA JUGA: 8 Waktu yang Disarankan untuk Ganti Oli Mesin Mobil

Untuk memeriksa hal tersebut, kalian dapat melakukannya dengan cara membuka busi mobil, apabila busi terlihat kering, maka memang ada masalah pada sistem sistem bahan bakarnya.

Seandainya masalah terjadi di busi, seharusnya elektroda pada busi yang digunakan jadi basah.

Itulah 4 gejala injektor rusak yang sangat perlu kalian ketahui. Setelah mengetahui beberapa poin di atas, kalian pasti akan lebih mudah ketika menganalisa suatu kerusakan yang terjadi pada mobil yang digunakan.

Gunakan formula pengganti atau tambahan guna merawat serta membersihkan injektor mobil kamu sekarang!

Bagaimana caranya?

TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP siap membersihkan bagian injektor kendaraan akmu dengan cepat dan efisien!

Kini proses tune up kendaraan ga mahal sob! Formula Generative Additive IV dari TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP mampu membersihkan kerak dan kotoran dalam ruang bakar sehingga meremajakan mesin kendaraan.

Injektor yang bersih akan membuat laju kendaraan lebih mulus dan halus, serta tentunya tidak akan ada hambatan berarti ke depannya!

Tunggu apalagi? Beli TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP di bengkel-bengkel kesayangan kamu sekarang!

Atau tuang Tune Up sendiri kendaraan kamu! Beli langsung di toko TOP 1 di Tokopedia dan Shopee di sini! Banyak promo menarik, diskon, dan tidak lupa produk dijamin asli!

Udah ganti TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: