Minggu, 14 Februari 2021

4 Jenis Oli yang Penting Untuk Rawat Motor Matic Kesayangan!

Motor matic membutuhkan beberapa jenis oli sebagai pelumas mesin dan komponennya. Maka dari itu jenis oli motor matic juga sangat penting, apalagi saat memperlihatkan karakteristik khusus dan kegunaannya masing-masing. 

Selain itu, bahan dasar dan aditif setiap jenis oli memiliki bahan dasar yang berbeda. Susunan setiap komponen mobil memang lebih kompleks dari sepeda motor, namun motor matic juga perlu perawatan yang tidak kalah penting.

Tidak heran bila motor matic membutuhkan tidak hanya satu jenis oli karena komponen atau transmisi yang berbeda dibandingkan motor manual.

Penting di beberapa komponen, ada setidaknya 4 jenis oli motor matic yang perlu diperiksa dan diganti secara rutin karena merupakan pelumas yang krusial.

Jika tidak akan ada kerusakan yang terjadi karena keterlambatan penggantian oli serta kerusakan komponen

Agar motor matic jadi lebih terawat, yuk simak berbagai macam jenis oli di dalam sistem sebuah motor matic. Apa saja jenis olinya?

Oli Mesin Motor Matic


Mesin mobil wajib dilumasi oleh oli terbaik secara rutin dan berkala. Pengetahuan akan mesin motor matic merupakan hal dasar yang perlu dipelajari.

Anda perlu menentukan jenis oli apa yang paling tepat untuk motor matic kesayangan Anda.

Seperti yang kita tahu, jenis oli terbagi dua yaitu oli mineral, oli semi sintetik, dan oli sintetik. Biasanya, pemakaian oli ini disesuaikan oleh tahun keluar dan atau teknologi serta spesifikasi motor matic sendiri. 

Makin canggih suatu spesifikasi motor matic, maka Anda disarankan untuk menggunakan oli sintetik terbaik. Penggunaan jenis oli ini perlu didiskusikan oleh pihak bengkel atau membaca buku panduan.

Motor matic besar seperti Forza, NMAX, XMAX, atau PCX tentu dianjurkan untuk menggunakan oli full sintetik.

Oli Gardan Motor Matic

Oli gardan memang tidak terlihat secara kasat mata dari luar. Letaknya ada di bagian bawah motor matic. Fungsi oli gardan adalah penghubung antara transmisi dan gardan agar kemampuan kerja mesin menjadi lebih halus dan bebas hambatan.

Ganti oli motor matic gardan juga harus secara rutin. Hal ini penting sekali karena jika Anda sudah mendengar suara dengung pada boks CVT/gardan, maka bisa dipastikan ada komponen yang mengganggu di dalamnya. 

BACA JUGA: 4 Ciri-Ciri Oli Shockbreaker Wajib Diganti Serta Cara Merawatnya

Biaya untuk perawatan mengganti gear box tersebut sangatlah mahal. Oleh karena itu, ganti oli gardan secara berkala kira-kira setiap motor matic memakan jarak tempuh 1.000-2.000 KM. Namun itu semua tergantung dengan pemakaian pribadi Anda.

Minyak Rem

Jangan sampai luput untuk mengganti oli rem secara berkala. Minyak rem mesti pas dan cukup sehingga penarikan cakram lebih maksimal. Anda disarankan untuk menggunakan jenis oli rem yang dapat melindungi komponen dari risiko berkarat.

Penggantian oli rem normalnya dilakukan setiap 6 hingga setahun sekali tergantung pemakaian kendaraan. Pengisian oli rem juga mesti pas agar tidak terjadi masalah yang merembet.

Jika oli rem berwarna kuning muda dan atau jernih, maka oli tersebut layak pakai. Tidak lupa standar DOT 3 atau DOT 4 yang sesuai dengan anjuran motor matic kesayangan Anda.

Maka dari itu, Anda harus memperhatikan setiap aspek penggantian oli rem agar Anda selalu aman dan nyaman di jalan.

Oli Shock Breaker / Fork Oil

Mungkin komponen ini agak sedikit jarang didengar, namun fork oil atau oli untuk shock breaker juga tidak kalah penting. Untuk motor di atas tenaga 150cc biasanya sudah diperkuat dengan tangki shock breaker yang nantinya diisi oli.

NMAX 155 VVA Connected menjadi salah satu unit terbaru yang mendukung penggunaan fork oil di motor matic.

Fungsinya tidak lain menjaga kekentalan dan kekenyalan motor pada saat menahan beban yang dibawanya. Penggantian oli shock breaker sendiri kurang lebih sama dengan minyak rem.

Tapi lagi-lagi semua tergantung dengan penggunaan para pengendara masing-masing. Apakah kamu tipe yang sering berjalan atau lebih menggunakannya untuk kebutuhan tertentu?

Mager ganti oli ini karena mahal? Eits, banyak promo yang bisa kamu dapatkan bersama TOP 1 Indonesia sob!

Tenang saja, karena BLIBLI dan TOP 1 melakukan kerja sama untuk menghadirkan harga yang ramah di kantong!

PROMO SEMPURNA DI HARI IMLEK YANG RAYA!

 

Rasakan diskon fantastis di Blibli Rejeki Bulan Cinta sebesar 50% hingga cashback 188 ribu!

Nikmati produk perawatan terbaik dari TOP 1 yang lebih murah sekarang!

KODE PROMO : SALAM-KENAL

KLIK DI SINI : https://www.blibli.com/merchant/top-1/TO1-60029?page=1&start=0&pickupPointCode=&cnc=&multiCategory=true&excludeProductList=true

Ayo mulai nikmati promo mewah dan diskon menarik yang eksklusif di TOP 1 Official Store sekarang!

Rekomendasi untuk kamu: