4 Jenis-jenis Oli Transmisi yang Baik Untuk Merawat Gigi Mobil

4 Jenis-jenis Oli Transmisi yang Baik Untuk Merawat Gigi Mobil

Menjaga kendaraan tetap optimal merupakan tugas para pemilik kendaraan, karena saat pembelian kemungkinan besar komponen masih bekerja lebih optimal.

Tapi hal ini akan jauh berbeda bila kamu termasuk lalai dalam menjaga kinerja mesin. Yap, memang dalam menjaga mobil harus sangat teliti dan lebih menyeluruh agar mampu menjaga kinerja kendaraan di berbagai medan.

Pemakaian kendaraan yang lama tanpa dibarengi dengan perawatan akan menjadi bom waktu karena mobil perlahan-lahan akan rusak.

Apalagi sampai oli transmisi yang tidak dirawat. Nyatanya, ada banyak jenis-jenis oli transmisi yang berada di suatu kendaraan.

Maka dari itu, kamu harus paham betul fungsi dan manfaatnya oli transmisi di mobil serta jenis-jenisnya. Lantas, apa saja fungsi dari oli satu ini? Yuk simak sob!

Fungsi dan Manfaat Oli Transmisi

Oli transmisi memiliki peran yang penting dalam melumasi kendaraan. Perannya yang vital sangat besar dan pengaruhnya penting untuk umur kendaraan.

Sebagaimana oli mesin, transmisi juga perlu diganti karena memiliki peran untuk beberapa kilometer ke depan. Pada transmisi terdapat wadah yang dapat diisi, layaknya katup mesin dan oli power steering.

Kekentalan bukan hal yang terlalu diperhatikan untuk transmisi, berbeda dengan oli mesin maupun oli gardan mobil.

Manfaat dari mengganti oli transmisi secara teratur adalah perpindahan gigi yang mulus. Baik di berbagai medan perjalanan, kini mengganti gigi bukan hal yang sulit

Penggunaan oli satu ini berfungsi untuk menjaga kinerja transmisi lebih nyaman dan aman di berbagai kondisi jalan.

Pemakaian mobil yang lama akan meningkatkan stres fungsi mobil, salah satunya bagian transmisi yang harus dilumasi. Sebaiknya terus menjaga kinerja transmisi dalam waktu yang lama dengan melakukan cek berkala.

Adapun berbagai jenis-jenis oli transmisi yang direkomendasikan untuk kamu, apa saja? Yuk langsung disimak sob!

4 Jenis-jenis Oli Transmisi

1. TOP 1 ATF MV

Produk satu ini merupakan transmisi otomatis yang memiliki kinerja tinggi dengan bahan dasar campuran sintetis yang memiliki formula khusus untuk memenuhi kebutuhan mobil.

Standarisasi pabrikan juga dijaga ketat dengan berbagai macam spek seperti Dextron-III untuk berbagai macam tipe mobil dan pabrikannya. 

2. TOP 1 ATF CVT

Pelumas satu ini juga mampu bekerja maksimal sebagai pengantar mekanisme perpindahan gigi transmisi otomatis, cocok untuk beberapa pabrikan mobil seperti Honda, Nissan, dan Toyota.

Spesifikasi CVTF J1, HMMF / HCF2, AMMIX CVT, NS-2 juga untuk mobil-mobil kesayangan. Perlindungan oli transmisi satu ini juga mampu melindungi secara maksimal dan menyeluruh.

3. TOP 1 ATF LIFETIME

Tipe pelumas transmisi berikutnya adalah ATF LIFETIME yang bisa bekerja maksimal sebagai pengantar maksimal untuk gigi transmisi otomatis. Ada berbagai macam keunggulan dengan viskositas tinggi dan cocok untuk beberapa tipe.

Penggunaan power steering juga dapat dimaksimalkan dengan oli transmisi satu ini yang sudah terstandarisasi dengan DM-III.

4. TOP 1 ATF EVOLUTION MV

Cairan satu ini menjadi seri terbaik dari jajaran oli transmisi TOP 1. Selain karena cocok dengan hampir seluruh merek mobil pabrikan Eropa maupun Jepang, oli ATF EVOLUTION MV yang cocok untuk GM, Ford, Toyota, Mitsubishi, dan lainnya.

Transmisi satu ini juga sudah memenuhi standar DEXRON-VI, TOYOTA WS, SUZUKI AW-1 dengan viskositas yang lebih rendah.

Oli transmisi satu ini sangat cocok untuk mobil-mobil keluaran terbaru yang berada di seri DEXTRON-III maupun DEXTRON-VI.

Pergeseran menjadi lebih halus karena oli satu ini sudah memiliki kandungan full sintetis yang tentunya minim oksidasi dan perlindungan panas serta pendingin yang optimal.

Waktu Ganti Oli Transmisi

Sangat jauh berbeda dengan oli mesin, untuk oli transmisi dapat digunakan dalam kurun waktu yang lebih lama. Faktanya, pihak bengkel menyarankan untuk mengganti oli transmisi setiap 3 kali mengganti oli mesin.

Rentang 30.000 kilometer diperlukan dengan oli transmisi yang menyentuh standarisasi tertentu seperti Dextron-IV dan lain sebagainya. 

Untuk beberapa pabrikan juga memiliki oli transmisi eksklusif yaitu CVT seperti pabrikan mobil Honda, Nissan, dan Toyota.

BACA JUGA: BOLEHKAH MENGGUNAKAN OLI MOBIL UNTUK MOTOR, APA SAJA AKIBATNYA?

Sistem penggantian transmisi harus disesuaikan dengan masing-masing pabrikan. Biasanya saat pembelian akan direkomendasikan beberapa standarisasi untuk merek mobil tertentu.

Mulai ganti oli transmisi mobil kamu dengan produk TOP 1 sekarang di bengkel-bengkel kesayangan!

Atau, kamu bisa langsung ganti oli transmisi kesayangan sendiri! Beli dengan mudah cukup di rumah aja lewat smartphone ke e-commerce Tokopedia dan Shopee resmi TOP 1 sekarang!

Belanja lebih mudah, tetap aman dan nyaman, serta produk dijamin asli! 

Oli Anda TOP 1 juga kan?

© PT Topindo Atlas Asia 2024