Rabu, 8 Juli 2020

5 Cara Mudah Menghilangkan Karat di Rantai Motor

Motor merupakan salah satu transportasi dengan minat paling tinggi di Indonesia. Berbagai komponen seperti rantai motor menjadi hal yang vital mengingat mayoritas sepeda motor menggerakan roda melalui tarikan rantai seperti ini

Namun, bagaimana bila rantai motor berkarat? Tentu hal ini akan sangat merugikan apalagi kamu yang sedang melakukan mobilitas dan aktivitas yang padat.

Perlu diketahui bahwa rantai motor merupakan komponen yang penting dalam kendaraan bermotor, jadi tidak boleh kamu abaikan atau anggep enteng, sob!

Biasanya rantai motor yang berkarat akan memiliki bunyi, tampak kering, berdebu, dan dapat merusak gir di motor. Bukan tidak mungkin ada partikel asing menyusup ke dalam mesin.

Tentu hal ini harus kamu jauhi, sob! Lakukan berbagai penanganan sekaligus pencegahan untuk menghilangkan karat di rantai motor kamu. Caranya? Gampang kok, sob!

Berikut 5 cara mudah menghilangkan karat di rantai motor, disimak ya!

1. Pengecekan Berkala

Tahap pertama dimulai dari pengecekan secara berkala. Biasanya rantai motor akan mengalami kering dalam beberapa tempuh kilometer tergantung medan jalannya.

Untuk jalanan perkotaan yang menggunakan aspal atau beton biasanya membutuhkan hingga waktu 1.000 sampai 2.000 kilometer untuk melakukan pengecekan.

Berbeda kasus bila jalanan yang ditempuh didominasi oleh lumpur, debu tanah, atau bebatuan terjal. Selain karena kotor, biasanya ada partikel atau benda asing yang menempel di rantai motor.

Hal ini menjadi alasan mengapa kamu harus melakukan pengecekan berkala di rantai motor.

Efek terburuknya adalah rantai motor yang patah atau berhentinya fungsi gir di mesin karena tersangkut benda asing.

2. Bersihkan Rantai Motor

Bila kamu sudah melakukan tahap pertama dengan baik, maka membersihkan rantai motor berada di tahap kedua.

Tahap ini lebih berfokus pada kebersihan rantai motor akan partikel asing yang berada di jalanan. Sebut saja daun, potongan kertas atau bungkus permen, debu sisa proyek, atau bebatuan kecil.

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Menghilangkan Karat di Knalpot Motor

Bersihkan dengan mudah, cukup menyingkirkannya dengan tangan atau media lain agar tangan tidak kotor. Kebutuhan ini menyesuaikan, jadi sebisa mungkin bersihkan bila ada sesuatu yang mengganjal di rantai motor kamu, sob!

3. Gosok dan Sikat Rantai

Bila partikel atau benda asing yang cukup besar sudah dibersihkan, sekarang giliran sisa-sisa debu yang menempel menjadi perhatian.

Kamu bisa membersihkannya dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai atau sikat kecil lainnya yang mampu menjangkau area sempit.

Perawatan ini bersifat sementara namun perlu karena menggosok rantai motor memerlukan ketelitian ekstra. Selain itu, rantai motor yang jarang dilumasi akan memiliki kerak yang cukup keras.

Efektif menggosok atau menyikat rantai bisa dilakukan tanpa harus mencuci motor. Pasalnya, pelumas rantai motor juga perlu pembaruan bila agar motor tidak berkarat.

4. Cuci Rantai Motor

Bila menggosok dan menyikat rantai motor dirasa kurang efektif mengangkat debu, maka mencucinya secara menyeluruh juga dianjurkan.

Untuk mencuci rantai motor, kamu memerlukan sabun yang mampu mengangkat lemak seperti sabun cuci piring. Partikel asing akan mudah terangkat, namun efek rantai yang kesat akan terasa.

Rantai yang kesat menandakan tidak ada pelumas dan tentu berbahaya di pemakaian jangka lama.

Ada kalanya menyiapkan pelumas rantai setelah selesai mencuci rantai motor kamu, sob! Karena pelumasan merupakan hal yang penting agar gesekan antar komponen tidak berakibat fatal.

5. Pelumasan Rantai Secara Rutin

Tips terakhir sekaligus penutup adalah melumasi rantai! Banyak yang cuek dengan rantai hingga menggunakan oli bekas untuk sistem pelumasan.

Apakah bisa? Tentu sah-sah saja namun tidak baik untuk menjaga umur rantai. Ada baiknya menggunakan pelumas khusus rantai atau chainlube agar perawatan lebih maksimal.

Harga chain lube juga tidak terlalu mahal, namun efeknya sangat berpengaruh terhadap masa pakai rantai motor.

TOP 1 CHAIN LUBE merupakan salah satu produk pelumas rantai yang memiliki kandungan sintetis dan menjaga rantai tetap bersih.

Warna perak rantai motor juga akan terjaga dengan kemurnian oli rantai TOP 1 CHAIN LUBE yang tahan terhadap titik didih suhu yang tinggi.

Jadi, mulai rawat rantai motor kamu sekarang, sob! Jangan malas agar aktivitas di jalan tetap lancar tanpa kendala.

Ingin membelinya? Kunjungi TOP 1 Store Tokopedia di sini! Ada beragam diskon menarik, promo gratis ongkir, dan produknya dijamin asli!

Mau buat kendaraan lebih awet agar hidup tetap tenang? Mulai beralih ke TOP 1 sekarang!

Rekomendasi untuk kamu: