Jumat, 20 Maret 2020

7 Cara Mudah Menghilangkan Karat di Knalpot Motor

Memiliki motor yang bagus dengan warna yang mengkilap merupakan dambaan setiap orang. Terlepas dari tipe motor maupun mereknya, rasanya memiliki motor yang terlihat baru akan meningkatkan kepercayaan diri pengendaranya.

Namun memiliki motor bukan merupakan perkara yang mudah, apalagi di bagian perawatannya.

Ada puluhan komponen yang kerap mengisi berbagai fungsi, seperti tali gas, torsi kendaraan, clutch atau kopling, rantai dan daya mesin.

Bagaimana cara merawatnya? Sebagai kendaraan yang didominasi bahan dari besi kerap karat muncul.

Selain fungsi, tampilan juga menjadi dampak yang perlu diperhatikan, terlebih di knalpot.

Sebagai alat pembuangan hasil bahan pembakaran kendaraan, motor juga wajib memiliki knalpot yang kuat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan karat di knalpot?

1. Soda Kue

Barang yang kerap mewarnai adonan kue ini rupanya mampu membantu menghilangkan karat, lho! Cara dan metode pembersihannya pun tidak terlalu rumit.

Cukup campur soda kue dengan perasan air jeruk sebagai cara menghilangkan karat di knalpot.

Oleskan campuran dari soda kue dan air jeruk ke bagian yang berkarat serta diamkan beberapa menit. Setelah karat mulai memudara maka kamu bisa membersihkannya dengan kain.

2. Campuran Bensin dan Minyak Tanah

Bensin dan minyak tanah rupanya kombinasi yang berfungsi dalam menghilangkan karat, termasuk di knalpot motor. Namun untuk bekerja secara maksimal diperlukan campuran lain, yaitu minyak tanah.

Campurkan bensin seperti Pertamax Plus dan minyak tanah dengan perbandingan 1:2 agar memiliki hasil yang memuaskan. Oleskan di bagian knalpot yang berkarat dan diamkan beberapa saat serta sikat secara perlahan.

3. Pasta Gigi

Knalpot kamu juga bisa bersih dari karat dengan pasta gigi, sob! Apalagi bagi kamu yang masih memiliki knalpot berwarna perak atau krom. Cukup oleskan pasta gigi pada bagian knalpot yang berkarat.

Tunggu beberapa saat dan biarkan pasta gigi mengangkat sisi knalpot yang kotor terkena karat. Bila sudah terangkat kamu bisa mengelap dengan kain dan keadaan karat akan hilang dengan sempurna.

4. Cairan Pembersih Lantai

Cairan satu ini kerap menghiasi rumah-rumah dan sangat mudah ditemukan. Cairan pembersih lantai sendiri bisa diaplikasikan ke knalpot motor yang berkarat yang selanjutnya dilap dengan kain yang bersih.

BACA JUGA: Rekomendasi Oli Motor Vario 150 eSP Terbaik Untuk Performa Mesin

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah cairan pembersih lantai yang harus dioleskan secara hati-hati. Karerna bila memasuki blok mesin akan memberikan kerusakan di kendaraan kamu, sob.

5. Gemuk atau Stempet

Minyak gemuk (grease) atau stempet yang kerap digunakan untuk melapisi komposisi kendaraan hingga industri ini berfungsi menghilangkan karat juga.

Karena bahan gemuk memiliki kandungan yang mampu mencegah terjadinya korosi.

Cara membersihkan knalpotnya? Panaskan terlebih dahulu kendaraan kamu, lalu oleskan gemuk di permukaan knalpot motor yang sudah panas terutama di area yang berkarat.

Gemuk atau stempet yang panas akan melelehkan tumpukan karat yang membandel di permukaan knalpot kendaraan kamu.

6. Oli Bekas

Satu cara atau alternatif lain adalah oli bekas. Yap, kamu bisa menggunakan oli bekas untuk menghindari karat di knalpot motor kamu.

Cara ini pun dinilai barang mudah karena oli bekas bisa didapatkan hampir di setiap bengkel, atau bahkan di motor kamu.

Cara menghilangkan karat sendiri dimulai dengan memanaskan kendaraan kamu hingga knalpot bereaksi. Setelah itu oleskan oli bekas ke area knalpot yang berkarat. Sifat oli yang menghantarkan panas dengan baik dapat membuat karat pudar.

7. Cairan Penghilang Karat

Oli bekas memang bisa menghilangkan knalpot, begitu juga cairan kimia serupa. Namun barang-barang di atas kurang disarankan karena memiliki kandungan yang tidak ditujukan untuk karat.

Gunakana cairan penghilang karat yang khusus untuk bahan-bahan tertentu salah satunya adalah TOP 1 Rust Guard (RG) 80! Memiliki kandungan anti-karat sekaligus melindungi sisi logam dan metal dengan sangat baik.

Pengaplikasiannya pun sangat mudah, cukup disemprotkan ke bagian knalpot kamu yang kotor, sob!

Ingin memesannya? Kamu bisa membelinya secara online dan dijamin asli, lho! Kunjungi toko online resmi kami atau langsung memesan di Tokopedia sekarang! Praktis, mudah dan cepat dalam menghilangkan karat dengan TOP 1 RG80!

Rekomendasi untuk kamu: