Selasa, 3 Maret 2020

5 Ciri-ciri Oli Pelumas yang Bagus Untuk Mobil Kesayangan Kamu

Oli merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah mesin kendaraan, baik itu motor maupun mobil.

Namun khusus untuk mobil akan menjadi penting karena setiap pembelian oli membutuhkan pemahaman lebih, apalagi baik dari jenis dan kebutuhan mesin.

Mobil juga memiliki tangki pengisian oli yang lebih besar dan banyak. Tentu bila salah memilih oli justru akan menelan kerugian yang cukup memakan biaya. 

Lalu bagaimana menentukan pemilihan oli yang baik untuk mesin dan ciri-ciri oli yang memiliki kualitas bagus?

Memang biasanya montir atau mekanik bengkel memiliki rekomendasi jenis oli yang cocok untuk mobil kamu. Namun seharusnya kamu sebagai pemilik kendaraan harus mengetahui kondisi kendaraan yang dimiliki.

1. Mengenal Mesin

Hal yang paling mudah dalam memilih oli yang tepat untuk mobil bisa langsung dilihat di manual book saat pembelian. Secara jelas diutarakan mengenai spesifikasi mesin dan jenis oli yang cocok.

Intinya adalah kecocokan mesin dengan kualitasnya, bukan hanya merek. Namun teknologi masing-masing oli akan berkontribusi lebih untuk kelancaran mesin kendaraan.

2. Bahan Dasar Oli

Oli mobil sendiri dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan bahan dasar yang digunakan. Jenis yang pertama adalah oli sintetis yang dibuat dari berbagai bahan kimia aditif dan formula khusus masing-masing merek.

Sedangkan untuk oli yang kedua merupakan oli mineral, dibuat dengan bahan dasar minyak bumi yang lebih alami.

Namun secara spesifikasi oli sintetis lebih maksimal bila digunakan untuk mobil baru. Beberapa kelebihan oli sintetis antara lain tahan terhadap gesekan, melumasi secara menyeluruh, lebih murah dan tahan oksidasi.

3. Tingkat Kekentalan Oli

Meski memiliki fungsi yang sama tetap ioli tidak selalu melindungi mesin secara maksimal.

Hal ini dikarenakan kandungan yang kadang tidak sesuai dengan mesin mobil kesayangan kamu. Biasanya beberapa perbedaan terletak di kekentalan cairan oli.

Tingkat kekentalan sendiri memiliki istilah viscosity grade yang ditunjukkan dengan nomor Society of Automotive Engineer (SAE) di beberapa merek oli pelumas kendaraan.

Membacanya pun cukup mudah, karena semakin besar angka yang berada di kode belakang SAE maka menunjukkan konsentrasi cairan yang semakin kental. Seperti contoh, oli TOP 1 HP Sport SAE 15W-40.

Kode di atas menunjukkan tingkat kekentalan pada kondisi winter (W) adalah 15, sementara ketika suhu panas akan mengental hingga angka 40.

4. Suara Mesin Halus

Bila kamu mengganti oli namun memiliki suara yang bising atau tidak halus tentu ada indikasi bahwa mesin mobil kamu tidak terlumas secara menyeluruh. Adapula spesifikasi yang mungkin tidak cocok.

Selain itu, pemilihan oli yang tepat akan memberikan hasil suara mesin yang halus. Jadi pastikan spesifikasi oli yang kamu gunakan sesuai dengan buku panduan kendaraan di saat pertama pembelian.

5. Minim Oksidasi

Oksidasi atau menguapnya oli disebabkan karena celah antara liner dan piston yang tidak sesuai dengan batas toleransi. Hal ini mengakibatkan oli mengalir ke ruang bakar dan ikut terbakar.

Lalu bagaimana indikasinya? Mudah, biasanya bila oksidasi oli terjadi maka akan keluar asap putih dari knalpot.

BACA JUGA: Hindari! Ini 5 Penyebab Rantai Motor Putus dan Cara Mencegahnya

Maka dari itu, pastikan oli mesin yang cocok untuk mobil kesayangan kamu. Apalagi untuk jarak yang jauh dan jalan yang bervariasi.

Selalu gunakan produk terbaik dengan oli TOP 1 EVOLUTION yang memberikan pelindungan maksimal, minim oksidasi dan mampu menjaga performa mesin terbaik. 

Oli TOP 1 EVOLUTION memiliki beragam teknologi, antara lain:

EXTRA CLEAN ADITIVES

Membersihkan dan melumasi mesin secara menyeluruh. Mampu menjaga kondisi mesan secara prima dan menghindari kotoran masuk.

ESTER FORTIFIED

Membentuk lapisan tipis yang menjaga serta melindungi mesin dari benda-benda asing ke dalam komponen penting kendaraan.

ADITIVES EXTREME LOW SHEAR

Memberikan perlindungan ekstra terhadap keausan mesin sehingga performa dan tarikan kendaraan menjadi lebih prima.

Tunggu apalagi? Ganti oli kamu sekarang dengan TOP 1 di bengkel-bengkel kesayangan!

Ga mau ribet? Langsung beli di toko resmi kami di Tokopedia sekarang, nikmati kemudahan berbelanja sekali klik!

Rekomendasi untuk kamu: