Senin, 2 Maret 2020

Hindari! Ini 5 Penyebab Rantai Motor Putus dan Cara Mencegahnya

Rantai merupakan alat yang penting untuk sepeda motor. Fungsi dari barang satu ini untuk menyalurkan tenga dari mesin. Semakin krusial suatu aspek penggerak maka perlu perhatian yang lebih ekstra.

Jika rantai sepeda motor kamu putus tentu tidak perlu panik, kanea ada beberapa cara untuk mencegahnya sebelum terjadi.

Tentu hal ini akan merepotkan, apalagi kamu yang hendak berpergian ke tempat kerja atau jarak yang jauh seperti touring.

Sebelum tahu cara mencegahnya tentu alangkah lebih baik memahami penyebab rantai motor putus. Apa saja penyebabnya? Yuk, simak informasi berikut!

1. Rantai Motor yang Kotor

Membersihkan rantai motor merupakan hal yang pentung guna menjaga performa tetap dalam kondisi terbaik. Kegiatan ini juga mampu meminimalisir kemungkinan putusnya rantai.

Kotoran yang melekat pada rantai pun beragam, terdiri dari debu, tanah, dan pasir. Meski terlihat kecil namun partikel ini bisa mengikis rantai motor secara perlahan-lahan, lho.

Kotoran yang lama mengendap juga akan menimbulkan karat dan mampu memberikan efek korosi terhadap rantai.

2. Umur Rantai

Seperti komponen pada umumnya, rantai juga memiliki jenjang umur yang diwajibkan untuk diganti.

Apalagi kamu yang paham betul tentang motor kesayangan yang sudah mengarungi perjalanan ratusan kilometer.

Umur atau masa pakai rantai dan sproket gear sendiri di rentang angka 15.000 km atau berusia 1-2 tahun. Tentu memiliki umur rantai yang aman akan memberikan rasa yang nyaman saat berkendara.

3. Gunakan Rantai yang Asli dan Sesuai

Rantai memang memiliki fungsi yang sama, namun bukan berarti semua motor memiliki spesifikasi serupa. Karena ada pertimbangan bobot kendaraan, ukuran gir, massa ban dan komponen lainnya.

Jadi, pastikan menggunakan rantai yang asli dan sesuai ya. Harganya pun tidak terlalu mahal untuk kualitas yang baik.

4. Jangan Sembarangan Potong Rantai 

Biasanya untuk mengatasi rantai yang kendur banyak orang memilih cara yang praktis dengan memotong satu mata rantai. Namun jangan dibiasakan untuk memotong rantai lebih dari satu kali.

BACA JUGA: 7 Ciri-Ciri Rantai Motor yang Rusak dan Wajib Diganti

Karena gerakan rantai akan kurang maksimal, apalagi perputaran rotari gigi yang krusial di jenjang kecepatan tertentu. Pabrikan motor juga sudah memperhitungkan jarak gear dan rantai motor.

5. Penyetelan Rantai yang Tegang

Menyetel rantai sesuai dengan penggunaan agar memiliki tarikan maksimal memang direkomendasikan. Namun ada kalanya menyetel rantai tidak boleh terlalu tegang atau kencang. 

Idealnya rantai harus memiliki rentang atau jarak sekitar 20-30 mm saat kondisi rantai sedang dingin.

Namun dalam kondisi panas dan memuai maka rantai akan memiliki jarak yang sempit maka rantai motor akan lebih menarik.

Alhasil rantai akan memiliki daya tahan yang kurang dan menahan beban yang terlalu berat secara terus menerus. Pastiikan penyetelan tetap di jarak yang direkomendasikan, ya!

6. Rantai Motor Berkarat

Karat merupakan hasil oksidasi dari bahan logam yang berakibat dengan durabilitas rantai yang cepat rapuh serta sewaktu-waktu dapat mengalami putus.

Rantai sendiri dapat berkarat karena perawatan yang sangat minim dari pemilik kendaraan. Beberapa sebabnya seperti sering terkena air hujan, tidak pernah dilumasi chain lube dan jarang digunakan.

Lalu bagaimana cara merawatnya? Siapkan rantai baru atau rantai cadangan bila sewaktu-waktu mengalami putus. Atau, merawat dengan beberapa metode, seperti:

  • Melumasi rantai secara rutin.
  • Hindari menggunakan oli bekas karena dapat memancing partikel asing.
  • Perhatikan keregangan rantai motor.

Maksimalkan perawatan rantai motor kamu dengan menggunakan produk terbaik untuk melumasi rantai kamu dengan TOP 1 Chain Lube! Tentu dilengkapi dengan beragam kelebihan, antara lain:

HEAT RESISTANCE

Tahan panas hingga 2 kali lipat dibandingkan pelumas rantai biasa. Mampu melumasi tanpa oksidasi berlebih di pemakaian jangka panjang.

EXTRA PROTECTION

Mengurangi gesekan dan memperlancar pengaliran tenaga baik dari gear hingga daya tarik mesin.

NANO TECHNOLOGY

Cairan pelindung rantai dan gear pada kendaraan yang melapisi performa kendaraan dengan teknologi nano.

Tunggu apalagi? Rasakan teknologi pelumas berstandar FIM dan berkualitas dari TOP 1 sekarang, kunjungi toko online resmi kami sekarang!

Rekomendasi untuk kamu: