Kamis, 13 Februari 2020

7 Ciri-Ciri Rantai Motor yang Rusak dan Wajib Diganti

Memiliki rantai yang prima atau kuat merupakan dambaan setiap pengendara. Efek yang dihasilkan pun sangat beragam, mulai dari tarikan yang sangat kuat dan daya laju yang cepat dan mulus.

Rantai juga komponen yang amat penting mengingat fungsinya sebagai penyalur tarikan dari rotari gear dan mesin.

Kombinasi gigi juga dimainkan secara penuh melalui rantai dan gear, maka penting rasanya untuk menghindari beragam gejala yang akan datang seperti rantai motor yang rusak.

Lantas, bagaimana cara mendeteksi rantai motor yang rusak? Apakah ketika rusak harus langsung diganti? Yuk, simak informasi selengkapnya!

1. Suara Berisik

Rantai motor yang memiliki suara berisik tentu mengindikasikan hal yang buruk. Sejatinya, rantai motor harus mengeluarkan suara yang halus karena perputarannya yang cepat dan daya tarik yang kuat.

Bila menemukan rantai motor bersuara, tentu melakukan pengecekan ke bengkel terdekat atau langganan merupakan hal yang penting. Jangan sampai terlambat dalam penanganan hal satu ini.

2. Rantai Kendur

Apakah rantai yang kendur merupakan hal yang baik? Sebenarnya rantai harus memiliki jarak renggang sekitar 10-20 mm, namun bila rantai mengalami tingkat kekenduran yang tinggi maka tentu akan buruk untuk motor kamu.

Indikasinya bisa dirasakan langsung saat berkendara, seperti laju yang sulit diatur, suara yang berisik, serta perpindahan gigi yang kasar.

Bila sudah krusial, maka perputaran rantai akan keluar jalur gear dan tali gas tidak dapat menyalurkan tarikan.

3. Permukaan Rantai Aus

Rantai motor juga dapat mengalami keausan, terlebih fungsinya yang non-stop serta beragam terjalnya jalan yang digunakan oleh kendaraan.

Bila mengalami tingkat keausan seperti menghasilkan suara saat berkendara, alangkah baik rantai motor langsung diganti karena tingkat durabilitasnya sudah menurun.

4. Umur Pemakaian Rantai Motor

Rantai motor juga memiliki umur optimal atau jarak jangkauan, lho! Tentu tidak baik menggunakan rantai motor yang sama, apalagi bagi kamu yang setia menggunakan motor itu-itu saja.

Jarak penggunaan rantai motor berkisar di angka 15.000 km. Tentu akan berdampak juga terhadap motor yang jarang digunakan karena rantai akan mengalami oksidasi yaitu berkarat.

5. Tarikan Motor Berat

Memiliki kendaraan yang sigap dan cepat tentu penting, namun rantai motor berperan dalam pengoperan gigi saat berjalan. Nah, bila kamu merasakan tarikan motor tersendat atau dalam kondisi yang kurang stabil tentu ada baiknya melakukan pengecekan.

Tarikan motor berat mengindikasikan rantai motor aus yang menyebabkan gear depan dan belakang yang tidak sinkron. Hal ini akan menghambat daya tarik dan motor kamu akan berjalan kurang optimal.

6. Perputaran Rantai Tersendat

Salah satu indikasi yang paling gampang dirasakan adalah perputaran rantai motor yang tersendat. Bila kamu merasakan perputaran gigi yang kasar dan suara bising saat berkendara maka bisa dipastikan rantai motor kamu rusak.

BACA JUGA: 4 Cara dan Tips Ganti Oli Gardan Motor Matic yang Aman

Kasus satu ini bisa disebabkan berbagai macam hal, namun lebih baik melakukan pengecekan segera dan sebisa mungkin mengganti rantai motor. Kemungkinan terbesar adalah umur rantai serta pemakian yang intens.

7. Rantai Terlalu Tegang

Bila kendur menandakan indikasi yang buruk, rantai yang terlalu tegang juga tidak baik untuk kendaraan. Karena sejatinya rantai motor memiliki ruang gerak dan rongga yang dibutuhkan guna memaksimalkan daya putar dan perpindahan tenaga.

Lantas, kondisi rantai yang tegang akan membuat perputaran gigi menjadi berat dan kaku. Hal buruk yang akan terjadi adalah putusnya rantai motor secara tiba-tiba. 

Itu dia 7 ciri-ciri rantai motor yang rusak dan wajib diganti. Memang ada cara untuk membenarkannya, namun lebih baik mengganti rantai motor dengan barang yang baru dan tentunya kondisi asli atau orisinil.

Lebih baik juga untuk menghindari dari pada mengobati, atau menjauhi kemungkinan terburuk dari rantai motor yang rusak, Selain mengganti rantai motor baru, perawatan rantai motor kamu harus maksimal, lho!

Melumasi rantai merupakan salah satu caranya. Maksimalkan perawatan rantai motor kamu dengan menggunakan produk terbaik untuk melumasi rantai motor kesayangan dengan TOP 1 Chain Lube! Tentu dilengkapi dengan beragam kelebihan, antara lain:

HEAT RESISTANCE

Tahan panas hingga 2 kali lipat dibandingkan pelumas rantai biasa. Mampu melumasi tanpa oksidasi berlebih di pemakaian jangka panjang.

EXTRA PROTECTION

Mengurangi gesekan dan memperlancar pengaliran tenaga baik dari gear hingga daya tarik mesin.

NANO TECHNOLOGY

Cairan pelindung rantai dan gear pada kendaraan yang melapisi performa kendaraan dengan teknologi nano. 

Tunggu apalagi? Rasakan teknologi pelumas berstandar FIM dan kualitas standar TOP 1 sekarang.

Kini kamu bisa belanja produk terbaik TOP 1, kunjungi dan beli di toko online resmi TOP 1, kualitas dijamin asli!

Rekomendasi untuk kamu: