Jumat, 16 November 2018

5 Kesalahan Umum yang Buat Mobil Cepat Rusak

Saat memutuskan untuk memiliki mobil, kamu juga harus menyiapkan perhatian lebih untuk kendaraan roda empat itu. Soalnya, merawat mobil perlu tenaga dan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Seringnya kamu menggunakan mobil, semakin harus paham juga akan beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Kamu harus rajin dalam merawat mobil dengan tidak melakukan kesalahan-kesalahan umum yang akan merepotkan kamu sendiri. Misalnya, mobil mogok. Wah kalau mobil mogok, berarti kan ada yang salah dari mobilmu. Selain itu, umur mobil bisa sangat panjang kalau kamu menggunakan dan merawatnya dengan benar.

Baca juga: Eratkan silahturami, Pelumas TOP 1 bersama McLaren Club Indonesia Mengadakan Drag Race di Sentul

Akan tetapi, masih banyak pengendara yang sering menyepelekan hal-hal yang sebenarnya,  membuat mobil--terutama mesin--menjadi gampang rusak. Agar kamu semakin bisa merawat mobilmu, ini nih 6 kesalahan umum yang buat mobil cepat rusak.

Cara Berkendara yang Buruk

Salah satu penyebab mobil tidak memiliki jangka waktu yang lama--cepat rusak--adalah cara berkendara yang buruk. Misalnya, kamu memindahkan gigi dengan kasar, lupa menginjak pedal kopling atau sering menginjak pedal kopling saat rem. Selain itu, cara mengatur gas juga menjadi pertimbangan awal apakah mobilmu akan awet atau tidak.

Ubah dulu cara berkendara dengan baik dan sesuai. Soalnya, kamu akan menemui banyak permukaan jalan yang memiliki perbedaan kontur. Tentunya, hal tersebut memerlukan cara berkendara sendiri yang sesuai. Kamu harus tahu berapa rpm, menginjak rem, dan lain sebagainya di saat jalanan tertentu.

Pedal gas harus diinjak perlahan dan jangan terlalu cepat ataupun mendadak. Hal ini akan banyak menguras bahan bakar serta putaran mesin menjadi kaget. 

Baca juga: Kelebihan Oli Full Synthetic Daripada Oli Biasa Untuk Mobil Kamu

Sering mengerem mendadak juga sangat tidak baik. Soalnya, komponen untuk memperlambat laju akan cepat aus. Kebiasaan ini akan membuat mobil mudah rusak dan kembali lagi penggunaan bahan bakar akan boros.

Mengabaikan Indikator Peringatan

Mobil memiliki teknologi untuk memperingati pengendara jika ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Setiap mobil memiliki lampu indikator untuk mendeteksi masalah mobil yang terdapat pada panel indikator mobil. Misalnya, mesin terlalu panas, tidak menggunakan seatbelt, ataupun kondisi bahan bakar yang menipis.

Nah penyebab usia mobil sebentar dan mudah rusak adalah banyak pengendara yang mengabaikan indikator peringatan indikator tersebut. Mobil sering memberi indikasi yang bermanfaat sekali sebagai pengingat. Selalu periksa mobil seperti check engine, temperatur, dan oli. Kalau ada lampu indikator yang  menyala, kamu harus segera menepi untuk memeriksa hal tersebut ya. Jika  memang parah, segera bawa ke bengkel terdekat. Makanya, kamu harus rajin-rajin melihat lampu indikator terlebih dahulu sebelum berkendara.

Mobil Kotor

Mobil kotor memang kerap kali terlihat sepele, akan tetapi mengundang banyak masalah. Kotoran-kotoran yang mengendap lama di bodi dan mesin sangat berbahaya. Pasalnya, kotoran tersebut dapat membuat mobil menjadi karat, lapuk, dan akhirnya malah membahayakan pengendara saat dikemudikan.

Cara terbaiknya adalah kamu harus rajin membersihkan bahkan walaupun itu hanya debu yang menempel. Kamu bisa kibaskan dengan kemoceng, kalau perlu kamu rajin cuci mobil. Selain terhindar dari masalah, mobil akan terlihat kinclong dan seperti baru lagi, kan?

Kondisi Ban

Wah, ternyata ban juga perlu perhatian khusus. Kondisi ban harus terus baik agar mobilmu selalu maksimal dan nyaman digunakan. Bahkan, jika kondisi ruas ban gundul, bisa akan membahayakan pengemudi dalam berkendara.

Lalai Servis Rutinan

Servis rutinan tidaklah boleh sampai terlupa. Sekali saja kamu melewatkan servis rutinan, maka penyakit dan masalah akan datang pada mobilmu. Mobil memiliki banyak komponen yang harus dibersihkan dan diservis. Selain itu, kamu juga perlu memeriksa apakah kondisi tersebut masih aman atau tidak.

Satu hal yang jangan sampai terlewat adalah mengganti oli mobil. Oli mobil sangatlah penting sebagai pelumas dan pendingin agar mesin mobil selalu dalam kinerja dan performanya yang maksimal

Gunakan Selalu Oli Top  1 

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters