Selasa, 7 Januari 2020

6 Hal yang Membuat Harga Jual Mobil Bekas Anda Lebih Tinggi

Saat menjual mobil, pastinya anda mengingankan harga jual yang lebih tinggi. Nah berikut ini tips mudah dan murah untuk meningkatkan harga jual mobil bekas anda, simak artikel ini sampai habis ya!

Ada beragam alasan kita ingin menjual mobil lama kita, bias dikarenakan ingin ganti kendaraan atau sekedar upgrade ke mobil yang lebih baru. Tentu saja sebagai pemilik mobil, kita ingin mobil bekas yang kita jual memiliki harga pasaran yang bagus.

Harga mobil bekas memang bervariasi, dan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, bahkan mobil dengan jenis dan tipe yang sama bisa saja memiliki harga jual yang berbeda.

 

Baca Juga : Cara Tune Up Mobil Sendiri Paling Simple Dengan TOP 1 Evo Engine Tune Up

 

Perbedaan tersebut tentu saja dipengaruhi oleh kualitas mobil itu sendiri, semakin bagus kualitasnya tentu harga jualnya semakin tinggi. Nah ada baiknya sebelum menjual mobil bekas anda, lakukan hal hal berikut ini :

 

1. Lakukan perawatn mesin secara berkala

Perawatan mesin secara rutin di bengkel resmi membuat mobil memiliki mesin yang terawat dan kondisi yang prima. Lalu, simpan juga riwayat servis mobil Anda. Hal tersebut dapat menambah kepercayaan pembeli terhadap kondisi mobil.

 

2. Kondisi eksterior yang masih bagus

Hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli mobil kita adalah eksteriornya. Usahakan kondisi body dan bagian luar lainnya masih dalam kondisi baik dan mulus. Usahakan perbaiki terlebih dahulu tampilan eksterior anda sebelum menjual, jika budget anda terbatas, anda bisa mencuci mobil dan melakukan poles body agar mobil anda terlihat fresh dan bersih.

 

Baca Juga :  Rekomendasi Oli Terbaik Untuk Mobil Honda Brio Satya

 

3. Jangan mengganti mesin atau rangka

Mengganti atau mengubah bagian rangka dan mesin mobil memiliki dampak terhadap nilai jual yang signifikan, karena keaslian dari mobil tersebut jadi dipertanyakan. Kecuali, bila mobil tersebut memang sengaja di modifikasi untuk menjadi mobil custom, yang memiliki penggemar dan pasarnya sendiri.

 

4. Jaga kebersihan interior 

Selain kondisi fisik bagian luar, bagian dalam mobi (interior) juga perlu dilihat dirawat sebagai pertimbangan ketika calon pembeli ingin membeli mobil tersebut. Tetap jaga interior mobil Anda dalam keadaan yang bersih, misalnya dengan melapisi jok dengan pelindung jika tak ingin jok mudah rusak.

Selain meningkatkan harga jual, kebersihan interior dapat mempengaruhi kesehatan pengendara dan penumpang yang berada di dalam kabin. Untuk itu, sebagai pemilik mobil, memelihara kebersihan interior wajib untuk dilakukan.

 

5. Surat-surat masih aktif / pajak masih hidup 

Pastikan kondisi surat-surat kendaraan anda seperti BPKB dan STNK masih dalam kondisi baik, kondisi baik disini berarti dalam tampilan fisik dan juga masa berlakunya masih berjalan dengan baik. Rutin melakukan pembayaran pajak dapat menjaga harga jual mobil bekas anda.

 

Baca Juga :  Memilih Oli Mobil Terbaik Harus Perhatikan Dulu Dua Hal Ini

 

6.Kaki-kaki kendaraan

Ban dengan kondisi permukaan yang halus atau sudah habis ulirnya tentu akan mengurangi nilai jual mobil. Alangkah baiknya sebelum menjual mobil, pastikan ban dalam kondisi yang layak digunakan di jalanan dan masih memiliki ulir di permukaannya.

 

Hal hal itulah yang harus anda perhatikan sebelum menjual mobil bekas anda, jika poin-poin diatas sudah anda perhatikan dengan baik, dijamin deh pasti harga jual mobil bekas anda akan lebih tinggi dibandingkan mobil serupa yang tidak terawat.

Rekomendasi untuk kamu: