Senin, 3 Agustus 2020

7 Cara Memperbaiki Rem Mobil yang Lengket

Indikasi mobil yang sehat bermula dari berjalannya sistem dengan baik dan benar.

Dari pengegasan, fungsi kelistrikan, hingga pengereman. Rem mobil lengket kerap menjadi kendala beberapa pengendara, tapi apa itu rem lengket?

Penyebab rem mobil yang lengket sendiri berbeda tergantung jenis rem cakram atau tromol. Untuk tromol biasanya diakibatkan oleh master rem yang macet, piston rem berkarat dan kotor, sehingga rusak.

Sedangkan untuk rem cakram biasanya disebabkan oleh kampas rem yang sudah kotor dan perlu mengalami penggantian komponen.

Pengubahan komponen secara berkala akan membantu peremajaan sistem pengereman agar tidak mendapatkan gejala 

1. Pengecekan Sela Roda Mobil

Memiliki mobil yang macet atau lengket saat pengereman bisa dimulai dengan pengecekan di sela roda mobil dengan bantuan dongkrak. Roda mobil yang baik akan berputar dengan lancar tanpa ada kendala.

Sebaliknya, bila roda mobil tidak mampu berputar dengan sempurna maka bisa dipastikan bagian hand rem terganjal dengan bagian kampas rem atau yang kurang bekerja secara prima.

Putaran mobil yang baik bisa menjadi indikator pertama untuk memperbaikinya. Dengan mencoba mencari penyebabnya sebagai cara awal perbaikan.

2. Membersihkan Rem Mobil

Bila mobil yang kamu dongkrak atau angkat memperlihatkan rotasi roda yang tidak lancar, maka bisa dipastikan mobil mengalami gangguan atau ada partikel asing yang mengganjal

Biasanya akan mudah membersihkan rem mobil yang lengket di bagian tromol karena sistem remnya yang agak tertutup. Bisa dengan membersihkannya baik di jasa steam atau secara individu.

Namun, alangkah baik memberikan tugas ini kepada petugas bengkel berpengalaman agar tidak terjadi kerusakan tambahan atau salah dalam menangani gejala satu ini.

3. Melihat Kaliper Rem

Kaliper rem merupakan komponen yang menjadi lokasi dudukan piston agar mampu bekerja optimal saat ban maju atau mundur dengan pedal rem.

Untuk mengeceknya kamu harus mengetahui letak piston rem mobil kamu terlebih dahulu.

Selain itu, bagian tromol yang terbuka harus dibersihkan berbarengan dengan piston rem. Lalu cek juga bagaimana kampas rem yang terdapat di dalam mobil, apakah dengan kondisi prima atau justru mengalami kerusakan.

4. Ganti Komponen dengan Barang Resmi

Satu hal yang fatal bila kondisi kaliper, piston, tromol atau kampas rem mengalami kerusakan.

Biasanya menggunakan kampas rem yang tidak resmi menjadi ‘bom waktu’ mengingat kualitasnya yang tidak terjamin.

Murah tidak cukup karena rem merupakan fungsi yang penting ketika mengendarai mobil. Lantas, ganti semua komponen yang dirasa rusak dengan barang-barang resmi dari penyedia pabrik.

5. Melakukan Konsultasi ke Bengkel

Konsultasi ke bengkel bisa menjadi cara kelima setelah melakukan perbaikan.

Selain sebagai upaya berikutnya untuk memperbaiki rem setelah habis masa pakai, kamu juga dapat tips untuk merawat rem tromol yang bisa kamu baca di sini.

BACA JUGA: 5 Penyebab Master Rem Mobil Rusak dan Cara Merawatnya

Bengkel juga menyediakan berbagai onderdil atau spare part resmi yang penting sebagai suku cadang.

Lalu sebagai pemilik mobil kamu juga bisa berunding mengenai penyebab rem yang lengket.

Pastikan mendapatkan nomor bengkel agar kamu bisa melakukan towing bilamana rem mobil rusak sehingga akan meringankan beban kamu di jalanan.

6. Penggantian Kampas Rem

Satu hal vital dan fatal bagi pengendara mobil yang lalai adalah menggunakan kampas rem yang palsu. Mempertahankan kampas rem yang sudah habis masa pakainya juga tidak dianjurkan, sob!

Kampas rem berfungsi sebagai media penjepit antara sistem pengereman tromol ke bagian kendaraan. Fungsi ini menjadi vital bilamana kampas rem palsu maka kinerjanya akan buruk.

Atau, kampas rem akan mudah aus dan memberikan bekas di ban mobil dengan garis-garis hitam. Tekanan yang dihasilkan juga akan terbatas, bahkan bisa rusak saat penggunaan pertama.

7. Mengganti Minyak atau Oli Rem

Setelah mengganti komponen rem yang resmi maka minyak rem harus diganti juga, sob! Oli rem yang lama biasanya sudah kotor dan daya lumasnya berkurang.

Pompa semua sisa minyak rem sehingga isi daya tampung rem bersih dan dapat diganti secara keseluruhan dengan minyak rem baru yang tentunya berkualitas.

Minyak rem yang baik akan bekerja sempurna di berbagai cuaca, mampu melindungi dan mengantarkan sistem pengereman.

Tahan panas dari gesekan serta tidak mudah aus, tapi memang ada minyak rem seperti itu?

TOP 1 BRAKE FLUID DOT 3 memiliki kandungan sintetis yang merekat dan melindungi komponen rem dengan baik. Minyak rem satu ini juga tahan panas hingga titik suhu tertinggi serta tahan aus, jadi lebih awet deh!

Ganti sekarang dengan TOP 1 BRAKE FLUID dan rasakan sensasi menginjak rem aman, nyaman dan lembut. Langsung ganti ke bengkel kesayangan kamu, ya!

Atau beli online semudah hitungan detik, kunjungi TOP 1 Store di Tokopedia di sini! Ada promo gratis ongkir, diskon sebesar 30%, dan kualitas produknya sudah pasti asli, sob!

Kamu udah pakai TOP 1, kan?

Rekomendasi untuk kamu: