Selasa, 30 Juli 2019

7 Daftar Harga dan Spesifikasi Motor Royal Enfield Terbaik di Indonesia

Beberapa tahun lalu atau tepatnya pada ajang GIIAS 2015, Indonesia secara resmi telah kedatangan salah satu brand motor tertua di dunia yaitu Royal Enfield dengan memamerkan beberpa kategori motor premiumnya. Hingga sampai saat ini tercatat sudah lebih dari 8 unit motor yang mereka pasarkan.

Saat ini ada 7 model motor Royal Enfield yang tersedia di Indonesia. Royal Enfield memasarkan 5 Cruiser, 2 Sport and 1 Dual Sport di country. Yang termurah adalah Bullet 350 seharga Rp64,5 juta dan termahal Continental GT 650 seharga Rp194,3 juta.

Menariknya hampir semua produk tersebut memiliki desain klasik dan futuristik yang akan membuat setiap orang langsung terpikat saat melihatnya. Perpaduan gaya moderen dan juga konstruksi yang apik memang menjadi salah satu kunci keberhasilan mereka di pasar tanah air.

Berikut ini redaksi kami sudah menyiapkan daftar harga dan spesifikasi motor Royal Enfield yang di jual untuk pasar Indonesia dikutip dari website www.oto.com :

 

 

1. Motor Royal Enfield Classic 500

 

Pilihan warna dari Classic 500 cukup banyak. Dengan berbagai gaya, semua kelir yang disediakan tetap bernuansa klasik. Harga OTR Jakarta Rp 92.600.000 cukup terjangkau apalagi bagi mereka yang baru akan memiliki motor besar, motor ini bisa jadi pertimbangan.

- Kelebihan Motor Royal Enfield Classic 500

Sensasi mengendarai motor tua

Torsi besar

Pilihan warna menarik

Harga relatif terjangkau

 

- Kekurangan Motor Royal Enfield Classic 500

Getaran mesin berlebihan, beberapa pengguna mengeluhkan berakibat pada longgarnya baut-baut yang ada.

Tenaga terbilang kecil

Minim fitur

Image build quality belum sebaik rivalnya

 

Baca Juga : Review Oli Motor Matic Terbaik Yang Tahan Panas : TOP 1 Action Matic

 

2. Motor Royal Enfield Bullet 500

 

Bullet 500 menjadi varian termurah Royal Enfield di kelas 500cc. Sayangnya, hanya ada satu pilihan warna yaitu “Jet Black”. Motor ini sangat disayangkan masih menggunakan rem tromol di roda belakangnya, sedangkan varian Classic sudah mengadaptasi rem cakram di kedua rodanya.

Royal Enfield Indonesia menjualnya dengan harga OTR Jakarta Rp 85.000.000. cukup murah bukan untuk ukuran motor kelas 500cc?

- Kelebihan Motor Royal Enfield Bullet 500

Dengan harga Rp 85juta mendapatkan motor bermesin 500 cc

Model sedikit lebih modern bagi yang tidak berselera pada motor klasik

Posisi mengemudi lebih nyaman

Sudah menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection

 

- Kekurangan Motor Royal Enfield Bullet 500

Getaran mesin tetap ada

Rem belakang masih teromol

Hanya ada satu pilihan warna

 

3. Motor Royal Enfield Classic 350

Update 19 Februari 2018:  Royal Enfield Classic350 adalah motor yang menarik. Bentuk klasik dengan segala lekukan dan kesederhanaanya membuat siapapun akan memandang kagum sambil tersenyum. Motor ini mengusung mesin satu silinder dengan kapasitas 346 cc. Pendinginannya mengandalkan udara alias air cooled. Duduk di atas motor ini juga merupakan sensasi tersendiri. Meski bentuknya terlihat besar, tapi terasa cukup ringan untuk sebuah motor dengan kapasitas mesin besar. Selain itu, berdasarkan pengujian kami, konsumsi BBM-nya masih bisa 30,5 kpl.

Stang lebar membuat posisi berkendara nyaman, meski akan terasa repot saat berkelit. Royal Enfield Classic 350 dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun motor-motor berbentuk klasik sekelas ini sepertinya memang mahal, pesaingnya, Kawasaki W250 dijual dengan harga Rp 72,6 juta. Sedangkan Classic 350 dibanderol RP 72,9 juta. Bedanya tipis.

 

- Kelebihan Motor Royal Enfield Classic 350

Tampilan khas motor perang dunia

Cocok untuk pemula

Harga terjangkau

Banyak pilihan warna

 

- Kekurangan Motor Royal Enfield Classic 350

Minim Fitur Modern

Pengereman tanpa ABS

Mesin kurang bertenaga

Bobot berat

 

4. Motor Royal Enfield Bullet 350

Bullet 350 menjadi varian termurah Royal Enfield di kelas Bullet. Sayangnya, hanya ada satu pilihan warna yaitu “Jet Black”. Motor ini sangat disayangkan masih menggunakan rem tromol di roda belakangnya, sedangkan varian Classic sudah mengadaptasi rem cakram di kedua rodanya.

Royal Enfield Indonesia menjualnya dengan harga OTR Jakarta Rp 64.000.000. cukup murah bukan untuk ukuran motor kelas 350cc?

- Kelebihan Motor Royal Enfield Bullet 350

Desain unik

Tenaga besar

Akselerasi responsif

 

- Kekurangan Motor Royal Enfield Bullet 350

Harga kurang kompetitif

Tak banyak fitur

Minim perangkat keselamatan

 

5. Motor Royal Enfield Rumbler 500

Royal Enfield Rumbler 500 tersedia dalam tiga pilihan kelir, semuanya dengan finishing metalik. Warnanya Black Stone, Green Lightning dan Blue Marine. Sebagai penggerak, motor ini punya mesin yang serupa dengan Royal Enfield yang bermesin 500 cc. Kecuali Continental GT. Desainnya bisa dibilang retro, dan tidak terlalu klasik.

 

Baca Juga : Waktu Tepat Ganti Oli Motor Matic Yamaha

 

Mereka yang suka motor era 80-an mungkin Rumbler 500 bisa jadi pilihan. Hal pendukung seperti panel instrumen masih berbentuk analog, meski sudah ada odometer digital. Sebagai motor dengan genre cruiser, Rumbler punya posisi berkendara yang ergonomis, terutama untuk jarak jauh.

 

- Kelebihan Motor Royal Enfield Rumbler 500

Sangat menunjang kebutuhan touring

Harga kompetitif

Panel instrumen tergolong lengkap

Jok penumpang dengan mudah dilepas-pasang untuk tambahan akomodasi

Tidak hanya pengendara, penumpang dimanjakan dengan sandaran jok kecil

- Kekurangan Motor Royal Enfield Rumbler 500

Getaran mesin masih mengganggu

Model terlihat biasa saja

Penggunaan ukuran ban yang tampak tidak proporsional

 

6. Motor Royal Enfield Himalayan

Sudah satu tahun berselang sejak meluncur di Indonesia, harganya masih di angka Rp 95,4 juta OTR Jakarta. Untuk model Himalayan, belum ada ubahan sedikitpun. Pilihan warna terbagi menjadi tiga yaitu putih, hitam, dan motif sleet. Dengan harga yang tidak mencapai Rp 100 juta, motor ini sangat layak untuk diperhitungkan. Mengingat rival-rival yang ada tidak mampu menjualnya dengan harga kurang dari itu.

Sebetulnya Royal Enfield sudah memperkenalkan Himalayan di tahun 2016. Berselang dua tahun, Himalayan akhirnya resmi melantai di Indonesia pada tahun 2018. Modelnya sama persis seperti yang ada di negara asalnya. Mesin yang digunakan adalah mesin 1 silinder 411cc SOHC. Tenaganya ada pada angka 24,8 PS dan torsi 32Nm.

- Kelebihan Motor Royal Enfield Himalayan

Harga sangat terjangkau

Posisi duduk tegak dan nyaman

Walaupun tinggi, jarak jok ke tanah masih dalam batas wajar

Model klasik yang menjadi sensasi tersendiri

Fitur pada panel instrumen lengkap untuk motor semurah ini

- Kekurangan Motor Royal Enfield Himalayan

Tenaga dan torsi mesin biasa saja

Teknologi pengereman belum dilengkapi ABS

Jaringan aftersales yang belum luas

Brand image yang belum terlalu dikenal

 

7. Motor Royal Enfield Continental GT 650

GT 650 mengundang animo yang cukup besar saat diluncurkan di IIMS 2019. Karena sekarang sudah menggunakan mesin dua silinder baru. Otomatis tenaga dan suara yang dihasilkan lebih baik. Bagian rangka juga dibuat baru, hasil racikan Harris Performance asal Inggris. Bentuknya menganut aliran cafe racer dan memang enak dilihat. Kental unsur klasik, sesuatu yang tidak ditinggalkan oleh Royal Enfield.

 

Baca Juga : Waktu Terbaik Ganti Oli Motor Matic Honda

 

Selain itu, kepraktisan cukup mendukung kalau memang 'tega' menggunakan motor ini untuk harian. Jok bisa boncengan, jaraknya ke tanah 793 mm. Untuk ukuran standar Asia ini masih oke.  Bagi yang belum begitu paham, jangan berharap akan menemukan fitur digital yang rumit di motor ini. Harganya yang ekonomis juga menjadi alasan mengapa motor ini cukup ditunggu.

 

- Kelebihan Motor Royal Enfield Continental GT 650

Mesin dua silinder baru

Rangka buatan Harris Performance

Topspeed meningkat

Ramah lingkungan

 

- Kekurangan Motor Royal Enfield Continental GT 650

Pencapaian torsi tidak secepat mesin satu silinder

Belum ABS

Minim fitur

Tidak ada LED di bagian lampu manapun

 

Membahas motor Royal Enfield, tahukah kamu? Bahwa Darius Sinathrya dan Donna Agnesia akan menjelajahi pegunungan Himalaya menggunakan Motor Royal Enfield Himalayan bersama Pelumas Full Synthetic TOP 1 Evolution dimulai pada 29 Juli hingga 8 Agustus 2019 ini untuk mencapai jalan kendaraan bermotor tertinggi di dunia, Khardung La.

Presenter yang gemar bermain bola ini mengaku telah siap menjalani petualangan penuh resiko di Himalaya. Perjalanan bermotor yang ditaksir akan mencapai jarak lebih dari 1.600 km itu bakal dilalui Darius dan istri dengan sepeda motor Royal Enfield Himalayan yang didukung oleh oli TOP 1 Indonesia.

TOP 1 Indonesia sendiri tidak main-main dalam mendukung aksi yang akan dilakukan Darius bersama tim petualang berpengalamannya. Mengingat Himalaya memiliki iklim ekstrim yang sering kali berubah-ubah, TOP 1 Indonesia telah menyiapkan oli TOP 1 Evolution MC 15W-50 yang berbahan dasar Fully Synthetic.

 

Baca Juga : Radiator Coolant Yang Bagus dengan Kualitas Terbaik

Rekomendasi untuk kamu: