Kamis, 27 Desember 2018

7 Langkah Mudah Membersihkan Helm Dengan Benar

Buat kalian pengendara sepeda motor, helm bukan hanya sekedar aksesoris namun juga sebagai pelindung kepala ketika kalian naik sepeda motor.

Intensitas pemakaian helm yang cukup tinggi bagi para pengendara sepeda motor membuat helm menjadi kotor, kaca buram, dan bahkan menimbulkan aroma tidak sedap. Jadi, penting untuk membersihkan helm sehingga kepala terlindung dari luar dan bagian dalam.

Membersihkan helm dapat mencegah rambut kalian bau, gatal kulit kepala atau bahkan telinga yang dimasuki benda asing yang bersarang dalam helm. So, alangkah baiknya kalian membersihkan helm setiap satu atau dua bulan sekali ya, Sob!

Baca juga: Pelumas Fully Synthetic Terbaik Untuk Motor Sport

Kini sudah banyak jasa laundry helm untuk membersihkan helm kesayangan kalian. Tapi bukan tidak mungkin kalian membersihkan helm sendiri, selain ternyata sangat mudah, hemat biaya juga loh. Yuk simak langkah mudah membersihkan helm dengan benar.

1. Lepas dan Buka Bagian-Bagian Helm

Cara membersihkan helm yang pertama adalah melepas beberapa bagian yang bisa dilepaskan semisal seperti; kaca (visor) dan busa dalam. Hati-hati untuk melepas bagian-bagian helm karena rentan patah atau rusak

2. Rendam Busa di Dalam Air Sabun

Rendam busa di dalam air sabun bersih atau sampo selama 30 menit. Setelah itu, sikat busa dengan hati-hati menggunakan sikat berukuran kecil sampai bersih. Rendam pula busa yang sudah bersih tersebut dengan pengharum pakaian agar wanginya lebih tahan lama saat dipakai nanti.

3. Membersihkan Permukaan Helm

Masih menggunakan air hangat dengan samponya, gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan permukaan helm. Basuhkan kain mikrofiber yang telah diberi sampo ke permukaan helm. Perhatikan setiap kotoran yang ada di permukaan helm tersebut.

4. Membersihkan Bagian Sempit

Ketika menemukan kotoran yang agak sulit untuk dihilangkan ketika dibasuh, gunakan sikat gigi yang telah disediakan. Penggunaan sikat gigi ini bisa juga untuk bagian-bagian yang sempit seperti pada karet pembatas di depan dan bagian bawah helm.

5. Poles Dengan Wax

Setelah membersihan permukaan helm atau bagian yang telah dipersihkan menggunakan kanebo. Lap permukaan yang basah dengan kanebo hingga kering. Jika anda masih meninggalkan basah bisa jadi menimbulkan kerak. Setelah kering anda bisa poles dengan wax khusus untuk helm. Wax ini dilakukan agar helm tampak lebih mengkilap seperti kondisi baru.

6. Memasang Kembali Bagian-Bagian Helm

Setelah semua telah selesai dibersihkan dan dikeringkan, pasang kembali bagian-bagian helm tersebut ke tempat semula. Pastikan semua terpasang dengan pas dan tetap berhati-hati.

7. Semprotkan Pewangi dan Desinfektan

Cara membersihkan helm yang terakhir adalah menyemprotkan wangi-wangian khusus yang berguna sebagai desinfektan atau pembunuh kuman penyebab bau tak sedap serta jamur di bagian dalam helm.

Baca juga: Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik, Oli TOP1 Evolution Matic 100% Synthetic

Demikian tadi langkah mudah merawat dan membersihkan helm agar tampak seperti baru lagi. Tidak perlu selalu menggunakan jasa laundry helm,kalian juga bisa membersihkannya sendiri dengan alat-alat yang mudah didapatkan. Selamat mencoba dan tetap selalu lindungi kepala anda dengan helm SNI ya, Sob!

Suka Artikel ini? Silahkan bagikan ke sosial media favorit kamu ya!

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters