Amankah Gunakan Oli Diesel Untuk Motor? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Amankah Gunakan Oli Diesel Untuk Motor? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Memiliki kendaraan seperti motor merupakan hal yang cukup lumrah di negara berkembang seperti Indonesia. Selain karena akses yang tidak semuanya bisa dijangkau angkutan umum, tentu motor masih mudah dimiliki terlepas rentang harganya.

Motor juga sangat ramah jalan di Indonesia yang memiliki lokasi yang cukup sempit di beberapa lokasi. Selain itu, motor yang banyak memiliki efek dengan tingginya minat serta jasa perawatan seperti bengkel-bengkel.

Lantas, setiap oli kendaraan bermotor juga didesain dengan memperhatikan jenis mesin dan bahan bakar yang digunakan. Salah satunya dengan alat perawatan yaitu oli untuk mesin diesel dan mesin bensin yang memiliki formulasi berbeda. 

Apakah oli yang digunakan seperti tipe diesel baik untuk motor? Akankah efek sampingnya langsung terasa?

Komposisi Oli Mesin

Kesehatan mesin motor juga akan dipengaruhi dengan kualitas oli mesin. Biasanya tipe oli sintetik memiliki tingkat kekentalan yang lebih encer dibandingkan oli mineral. Sehingga oli ini dianggap kurang cocok untuk kendaraan yang masih menggunakan mesin teknologi lama.

Product Development & Technical Support TOP 1 Indonesia, Lucky Elfano menjawab tentang komposisi oli mesin dan efek oli diesel di motor.

"Setiap kendaraan membutuhkan jenis oli yang berbeda-beda. Seperti untuk beberapa kendaraan dengan teknologi lama bisa jadi oli teknologi terbaru seperti oli full-synthetic justru tidak cocok," ujarnya. 

Lucky mengatakan bahwa kedua jenis oli tersebut kembali lagi pada jenis kendaraan dan teknologi mesin yang digunakan. 

"Pada umumnya, 80 persen oli mesin itu terdiri atas based oil dan 20 persennya merupakan zat aditif. Aditif ini bermacam-macam, salah satunya adalah zat pembersih," tambahnya. Aditif adalah zat yang diformulasikan untuk meningkatkan performa oli. 

Setiap merek oli memiliki formulasi zat aditif yang berbeda-beda, disesuaikan dengan jenis kendaraan.

Oli Diesel Untuk Motor Apakah Aman?

"Motor berbahan bakar bensin pasti memiliki bahan bakar yang sulfurnya lebih rendah (daripada bahan bakar diesel), jadi desain pelumasnya pasti menyesuaikan," ucap Lucky Elfano. 

Bahan bakar diesel dengan kandungan sulfur lebih tinggi ketimbang bensin membutuhkan oli dengan spesifikasi yang berbeda. 

BACA JUGA: KISARAN DAN PERBEDAAN BIAYA SERVIS GANTI OLI MOTOR DAN OLI MOBIL

Biasanya, oli khusus mesin diesel membutuhkan aditif untuk menetralisir asam yang terbentuk dari pembakaran bahan bakar bersulfur tinggi, agar tidak menimbulkan korosi pada mesin. Pada beberapa jenis pelumas diesel, kandungan aditif ini cukup tinggi.

Makanya, tak disarankan kendaraan mesin bensin menggunakan oli khusus diesel atau sebaliknya. Saat ini mungkin ada pengguna sepeda motor, khususnya motor matik yang merasakan enaknya menggunakan oli mesin diesel.

Oli Motor Terbaik

Jadi sangat jelas bila kondisi motor akan lebih baik bila menggunakan oli tipe tertentu. Bahkan di beberapa kasus, oli yang tidak sesuai dengan standarnya bisa mempengaruhi performa kendaraan.

Lalu oli motor apa yang baik dan direkomendasikan untuk motor kesayanganmu?

Bila motor kamu tipe matic, maka percayakan dengan oli TOP 1 Action Matic yang siap menjaga kebersihan mesin kendaraan secara menyeluruh.

Produk satu ini sudah terstandar JASO-MB sehingga pas untuk transmisi otomatis serta standar pabrikan Jepang. TOP 1 Action Matic juga sudah diperkuat dengan kandungan aditif yang membersihkan mesin secara menyeluruh.

Selain itu, oli ini sudah memiliki kandungan sintetis yang baik dalam menahan suhu panas yang tinggi sehingga tidak mudah menguap.

Atau motor kamu tipe manual? Maka gunakan TOP 1 MC yang mampu melumasi mesin hingga celah terkecil!

Motor ini menggunakan JASO-MA2 yang diformulasikan untuk motor manual serta standar pabrikan motor Jepang. Tidak lupa, kandungan aditif pembersih yang berfungsi merawat inti mesin dari residu mesin.

Percayakan motor kamu dengan oli TOP 1, jangan lupa minta langsung saat di bengkel ya!

Atau mau ganti sendiri? Bisa banget kok! Kunjungi langsung toko resmi TOP 1 di Tokopedia atau Shopee dengan DISKON EKSKLUSIF ga pake ribet sob!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

© PT Topindo Atlas Asia 2024