BBM Naik, Pakai Cara Ini Agar Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar!

BBM Naik, Pakai Cara Ini Agar Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar!

Bahan bakar merupakan komponen utama agar kendaraan dapat digunakan. Pemilihan oktan pada bahan bakar juga perlu disesuaikan dengan teknologi dan sesuai standar. Misalnya, pertamax keluaran Pertamina. Pertamax merupakan oktan 92 yang sesuai standar internsional. Oktan ini sangat direkomendasikan agar dipakai disemua mesin kendaraan.

Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, oktan 92 dipercaya lebih ramah lingkungan dan memiliki pembakaran yang baik. Akan tetapi, harga bahan bakar beroktan 92 di Indonesia lumayan cukup tinggi karena adanya kenaikan minyak dunia.

Beberapa jenis bahan bakar di Indonesia telah mengalami kenaikan. Tentu saja, hal ini akan membuat pengeluaran untuk kendaraanmu makin banyak. Agar  pengeluaran tidak membengkak, kamu perlu lebih irit dalam mengonsumsi bahan bakar. Selain membuat lebih irit, bahan bakar juga berguna demi kondisi mesin selalu dalam kinerja sempurna.

Ada berbagai cara agar kamu dapat menghemat konsumsi bahan bakar, berikut ini merupakan cara-caranya. Selain irit bahan bakar, mesin motor juga akan lebih terjaga.

Periksa Tekanan Ban dan Jangan Overload Beban

Kamu perlu memastikan tekanan angin pada ban kamu selalu sesuai dengan beban kendaraan. Jika ban motor kamu memiliki tekanan angin yang rendah, maka beban motor akan meningkatkan akhirnya dapat menghabiskan banyak bahan bakar lebih banyak dari sebelumnya.

Baca juga: Beli OLI Online di BliBli

Motormu juga jangan dibebankan dengan banyak massa. Kelebihan berat akan membuat bahan bakar motormu akan cepat habis dan terasa boros. Tekanan angin yang ideal biasanya: ban depan diisi dengan 29 psi, ban belakang 33 psi.

Penggunaan ukuran roda juga perlu diperhatikan, loh. Gunakan ukuran velg yang sesuai standar saja. Jika kamu melakukan modifikasi dengan mengganti ukuran roda menjadi 17 inci, maka BBM akan menjadi boros.

Atur Rem

Satu lagi cara agar bahan bakar motormu tidak cepat habis adalah dengan mengatur waktu yang tepat untuk melakukan pengereman. Pasalnya, terlalu sering menarik tuas rem akan membuat beban pada motor. Itu artinya akan membuat motor akan bekerja lebih dan akan membuat bahan bakar menjadi boros. Pengereman juga harus dilatih agar tidak melulu menekankan pada rem dan memperlancar cara menarik tuas gas. Hindari pula rem mendadak dan berulang-ulang. Selain bahan bakar boros, kanvas rem motor juga akan habis secara drastis.

Tambah Kecepatan Secara Bertahap

Lakukan tarikan pada pegas gas dengan mengikuti ritme jalan. Kamu harus menambah kecepatan secara bertahap agar digunakan seperlunya. Kamu harus menarik tuas seminimal mungkin agar bahan bakar yang digunakan tidak banyak.

Bagi motor yang bertransmisi manual, saat mengganti gigi pun ada tekniknya. Kamu harus tahu momentum kapan harus mengganti gigi. Sebaiknya oper gigi saat berada di RPM tertentu, ya. Artinya, kamu jangan sering menarik-ulur gas. Biasakan juga jangan melakukan tarikan gas langsung.

Baca juga: Pilih Pelumas Motor Skuter Matik Terbaik Mudah kok! Ini Rekomendasi Pelumas Motor Yang Tepat

Pilih Pelumas Terbaik

Ini yang paling PENTING. Pelumas motor harus sesuai dengan kebutuhan mesin dan teknologi yang ada pada motor tersebut. Pilih oli motor terbaik agar kinerja mesin selalu dalam kondisi prima, melakukan pembuangan dengan baik, serta menjaga mesin secara benar. Selain itu, pelumas yang baik, dengan kekentalan yang sesuai, akan membuat bahan bakar motor akan menjadi lebih irit.

Pelumas terbaik yang bisa kamu pakai adalah oli motor sintetik dari Oli TOP 1.

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024